googleb2757ebb443295f5 Masa Depan Cerah: Astaga! Kementerian Agama Terkorup …

Rabu, 30 November 2011

Astaga! Kementerian Agama Terkorup …

Reaksi yang wajar ketika tadi pagi saya baca harian KOMPAS halaman 3. Ditengah halaman terpajang judul berita dengan font yang lumayan besar “Kementerian Agama Terkorup”. Astaga! apa-apaan ini, Kementerian Agama yang diisi oleh orang-orang yang tentunya paham betul mengenai agama, kenapa tidak bisa memberi contoh dengan baik? Sehancur itukah nilai agama di negara kita? sehingga mereka tidak malu melakukan korupsi meski mereka berada di “Kementerian Agama”. Perlahan tetapi pasti saya baca berita tersebut, saya sangat penasaran dengan pemberitaan ini dan tentunya sangat terheran-heran.

Setelah saya pahami seperti biasa, ya “korupsi” sebuah kata yang amat sangat tenar di negara Indonesia ini. Korupsi dapat diibaratkan secara singkat seperti “memakan” hak yang merupakan hak orang lain dan tentunya tanpa rasa malu sedikit pun. Dalam masalah ini, Kementerian Agama mengkorupsi penyelenggaraan haji. Wow! ibadah haji dikorupsi, ya “ibadah” sesuatu hal yang bersinggungan langsung dengan sang Pencipta. Ibadah haji merupakan rukun Islam yang kelima, dimana bagi yang mampu wajib untuk melaksanakan. Korupsi saja sudah dosa besar lalu bagaimana jika korupsi perjalanan ibadah haji? apakah dosa tidak lagi ditakuti?

Orang-orang yang bekerja di Kementerian Agama saya yakin adalah orang pilihan yang terjaring melalui berbagai tahapan yang sulit dan ketat, tentunya “pengetahuan agamanya” melebihi kementerian lagi. Seharusnya orang-orang dalam Kementerian Agama memberikan contoh yang baik terhadap masyarakat dan sesama rekan di seluruh kementerian. Seperti yang dilansir KOMPAS , indeks integritas pusat Kementerian Agama hanya 5,37 padahal nilai integritas standar adalah 7,07. Terjadi banyak suap dan gratifikasi dalam penyelenggaraan haji.

Disaat semua orang Indonesia bermimpi dapat pergi haji dengan khusyuk dan banyak juga yang menabung bertahun-tahun demi ingin berangkat haji, lalu sekejam itukah Kementerian Agama memupuskan mimpi mereka? Apakah Kementerian Agama itu kekurangan uang sehingga perlu korupsi? Tidak adakah kegiatan lain yang lebih berguna selain korupsi? Semoga survei yang dilakukan oleh KPK ini dapat memperbaiki citra Kementerian Agama dan semoga orang-orang yang di dalamnya juga cepat sadar..ingat semua ini menyangkut agama dan tentunya semua hal yang kita lakukan akan dipertanggungjawabkan kelak di hari akhir.

Oleh Prihastoro Suryo

Sumber: kompasiana.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan menuliskan komentar Anda. Kami akan segera menanggapinya. Terimakasih, Tuhan memberkati.