googleb2757ebb443295f5 Masa Depan Cerah: Notulen Kesepakatan Pelayan Mimbar 16 Mei 2011

Jumat, 25 November 2011

Notulen Kesepakatan Pelayan Mimbar 16 Mei 2011

Dihadiri oleh: Andrew Kairupan, Wibi Ernestin, Ende, Kristina, Ema, Hengky, Yafet, Simada, Ficky Kurniawidi, Yuri Gunardi, Febe Lili, Hosea, Werdaniel, Felix, Bety, Paulus Lenga, Deni Wibowo, Reza Trikurnia. (Dihadiri 18 orang atau 51% dari total 35 orang).

Berikut kesepakatan-kesepakatan yang dibuat:

Worship Leader dan Singers:
- Singers diwajibkan mengikuti latihan 2x putaran.
- Untuk memupuk rasa saling menghargai dan peningkatan keseriusan berlatih, maka:
- Saat latihan, posisi singers dimohon berada diatas panggung.
- Dilarang menggunakan BB/HP, kecuali karena hal urgent.
- Untuk Worship Leader: Lagu mohon dikumpulkan minimal di hari Minggu, seminggu sebelum bertugas. Hal ini dikarenakan hari Minggu-Senin digunakan untuk mencari lagu dan upload internet. Supaya hari Selasa-Rabu pemain musik mempunyai cukup waktu mempelajari lagu untuk latihan hari Rabu malam. Demikian juga supaya para pelayan singers, tamborin dan LCD dapat leluasa melakukan persiapan-persiapan yang diperlukan.
- Mulai jadwal berikutnya, Worship Leader akan memimpin Doa Sabtu. Hal ini untuk memupuk skill dan kebiasaan baik dimana Worship Leader membiasakan diri memimpin doa/penyembahan dalam scope lebih kecil/sesama pelayan Tuhan sebelum melayani dalam scope lebih besar/jemaat.
- Akan diadakan perekrutan singers melalui audisi. Juga akan diadakan pelatihan-pelatihan.
- Untuk Worship Leader dan Singers: satu (1) menit sebelum countdown selesai, harap sudah standby di panggung.

Pemain musik:
- Usahakan mempelajari lagu mulai Senin/Selasa supaya waktu latihan Rabu malam tidak mencari-cari lagi.
- Akan dibuat tim-tim musik. Jadwal revisi terbit mulai bulan Juni.
- Saat latihan musik hari Rabu dan Sabtu dimohon On time demi kebaikan bersama.
- Masukan dari Bpk. Yuri Gunardi: jikalau ada kesalahan di mimbar mohon jangan serta merta ketahuan oleh jemaat melalui mimik wajah “mesem-mesem” namun harus pandai-pandai menyiasati komunikasi antar pelayan. Hal ini dimaksudkan supaya tidak mengganggu konsentrasi jemaat dalam pujian penyembahan.

LCD
- Diwajibkan mengikuti alur latihan secara penuh di hari Sabtu sebagai bagian dari persiapan. Dalam latihan ini pelayan LCD bertanggung jawab menyusun schedule Easyworship dan menampilkannya di layar monitor 22 inchi serta mengikuti alur lagu saat latihan musik seolah-olah ibadah minggu sedang berlangsung.
- Akan diadakan perekrutan baru: Usulan: Sdr. Hosea & Sdr. Hendra.
- Akan diadakan training LCD.
- Akan mengurangi frekuensi jadwal para pelayan2 yg merasa kurang “nyaman”.
- Usulan: Koordinator melakukan evaluasi terhadap pelayan LCD setelah setiap kebaktian berlangsung.
- Khusus pelayan LCD Doa Pra Kebaktian dapat dilakukan dari meja kontrol LCD karena harus sambil meng-handle operasi LCD/pemutaran MP3.
- Wajib hadir 30 menit sebelum ibadah dimulai: 15 menit pertama memutar mp3 rohani untuk membangun atmosfir ibadah. Setelah itu hidupkan proyektor LCD dan 10 menit berikutnya untuk tampilan “Selamat Datang” (sementara Doa Pra Kebaktian berlangsung). Setelah Doa Pra Kebaktian selesai dapat langsung memutar Countdown yang berdurasi 3 s/d 6 menit.

- Notulen Rapat LCD 8 Mei:
o Usahakan waktu mencari “lagu baru” lebih cepat lagi / lebih menguasai lagu.
o Sekretariat membagikan Rundown waktu latihan Sabtu.
o Seragam harap menyesuaikan dengan jadwal.
o Usulan Bpk. Yuri agar background dikategorikan.
o Naikkan spek komputer (paling tidak memorinya) untuk mempercepat waktu respon komputer terhadap perintah operator.

Tamborin
- Untuk tamborin remaja/anak-anak akan diadakan waktu khusus untuk doa dan sharing dipimpin oleh Sdri. Ende.
- Usulan supaya diadakan tamborin sore, paling tidak sebulan sekali.
- Akan dicarikan guru training modern dance agar ibadah makin kreatif. Dalam praktek ke depannya jadwal akan divariasi antara tamborin dan dance modern. Bpk. Andrew akan membantu menyediakan sumber-sumber video modern dance sebagai pembelajaran.
- Harap mengikuti doa pra kebaktian 15 menit sebelum ibadah.

UNTUK SELURUH PELAYAN MIMBAR:
- Doa Sabtu jam 18.00 wajib dihadiri minimal oleh pelayan Tuhan yang bertugas esok minggunya.
- Latihan jam 19.00 sampai selesai wajib dihadiri oleh Worship Leader, Singers, pemain musik, LCD dan tamborin.
- Seluruh Pelayan Mimbar dihimbau terlibat aktif di dalam KESAN, sebagai wujud kehidupan berjemaat yang baik dan untuk membina kerohanian. Dalam kapasitas sebagai pelayan Tuhan, mau tidak mau kehidupan kita pasti akan dilihat dan diteladani oleh jemaat. Oleh sebab itu, tertanam di KESAN merupakan fondasi yang sangat baik yang sudah sewajarnya dilakukan.
- Untuk yang berhalangan karena bekerja, harap minta dispensasi ke pimpinan pekerjaan agar minimal 1 bulan sekali dapat menghadiri doa sabtu – khususnya saat esok minggunya bertugas.
- Mulai diadakan absensi Doa Sabtu sebagai salah satu sarana untuk mengevaluasi komitmen pelayan Tuhan.
- Untuk yang sebulan penuh tidak pernah datang Doa Sabtu sama sekali akan diadakan pendekatan khusus untuk dicari jalan keluar. Kehadiran dalam Doa Sabtu berpengaruh langsung terhadap frekuensi dan keberadaan jadwal pelayanan.
- On time dalam latihan-latihan, doa sabtu, atau ibadah minggu (minimal 15 menit sebelum ibadah dimulai harus sudah hadir untuk mengikuti doa pra kebaktian).
- Beberapa rekan yang tidak bisa hadir doa Sabtu dikarenakan pekerjaan harap dimaklumi adanya. Sdr. Advent yang masih harus bekerja; Sdri. Ema yang harus menunggu tutup toko di Ambarawa sehingga baru berangkat ke Semarang jam 17.30-an. Barangkali ada juga rekan-rekan lain yang mengalami hal yang sama. Sebagai alternatif jalan keluar, mohon dimintakan dispensasi ke pimpinan pekerjaan supaya minimal sebulan sekali dapat menghadiri doa Sabtu. Untuk Sdr. Reza yang terkendala transportasi akan bersama-sama kita bantu agar tetap dapat hadir doa.
- Di waktu ke depan akan dibahas lagi mengenai waktu dimulainya doa pra Kebaktian. Ibu Wibi dan Bpk. Hengky usul dimulai 30 menit sebelum ibadah, Bpk. Yafet usul 20 menit. Bpk. Andrew usul supaya pelayan doa pra jangan terlalu melebar topik doanya. Untuk sementara disepakati: Doa Pra Kebaktian dimulai 15 menit sebelum ibadah.
- Pelayan Tuhan yang berhalangan bertugas harap menyampaikan kepada Koordinator minimal 3 hari sebelum latihan hari Sabtu.
- Pelayan Tuhan wajib mengikuti kebaktian secara penuh. Dimohon hanya meninggalkan ruang kebaktian hanya jika ada tugas pelayanan atau alasan urgent.
- Saat ini kita sedang bertahap menuju standard komitmen dan ketegasan yang lebih, antara lain menuju kepada penerapan skorsing atau bentuk kebijakan lain. Mohon dipahami bahwa ini bukan untuk mempersulit/membebani namun dimaksudkan sebagai sarana/batu loncatan menuju kualitas pelayanan yang lebih baik.
- Demikian juga, semua kesepakatan ini dibuat bukan dengan suatu maksud-maksud lain selain daripada untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap Tuhan kita, Yesus Kristus.
- Fellowship pelayan mimbar akan diadakan sebulan lagi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan menuliskan komentar Anda. Kami akan segera menanggapinya. Terimakasih, Tuhan memberkati.