googleb2757ebb443295f5 Masa Depan Cerah: Ada Pembersihan Warga Kristen di Suriah

Selasa, 27 Maret 2012

Ada Pembersihan Warga Kristen di Suriah

Di tengah kekhawatiran internasional atas situasi HAM di Suriah, ada masalah lain yang tak kalah memprihatinkan di negara tersebut, yakni adanya upaya dari kelompok militan Islam untuk mengusir mayoritas warga Kristen dari kota Homs.

Kantor berita Katolik, Fides, melansir bahwa mereka telah menerima catatan dari Gereja Ortodoks Syria, yang mewakili 60 persen dari total penduduk Kristen di Suriah, mengenai upaya "pembersihan etnis" terhadap umat Kristen oleh kelompok militan Brigade Faruq, yang memiliki hubungan dengan al-Qaidah.

Kelompok ini telah mengusir 90 persen penduduk Kristen di Homs. Mereka melakukan sweeping dari rumah ke rumah untuk memaksa warga Kristen di sekitar Hamidiya dan Bustan untuk mengungsi.

Berdasarkan statistik, sekitar 10 persen penduduk Suriah beragama Kristen. Umumnya mereka adalah pendukung Presiden Bashar Assad. Assad sendiri adalah seorang Muslim Syiah, yang cenderung otoriter tetapi sangat melindungi kaum minoritas. Di sisi lain, mayoritas penduduk Suriah adalah Muslim Sunni.

Kota Homs memiliki populasi penduduk Kristen yang cukup besar di Suriah. Selain itu, di Homs juga hidup kelompok Muslim Syiah dari sekte Alawit, yang merupakan sekte Presiden Assad.

Selain di Homs, umat Kristen juga menjadi sasaran di beberapa kota lain di Suriah. Sebuah bom meledak di sekitar sekolah Fransiskan di Aleppo, hari Minggu (25/3/2012). Ledakan bom juga terjadi di Damascus.

Giuseppe Nazzaro, seorang Vikaris Apostolik di Aleppo menghimbau umat Kristen untuk terus berdoa.

Selengkapnya di: perisai.net

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan menuliskan komentar Anda. Kami akan segera menanggapinya. Terimakasih, Tuhan memberkati.