googleb2757ebb443295f5 Masa Depan Cerah: #8: TIME, TIMES & A HALF (Satu Masa, Dua Masa dan Setengah Masa)

Senin, 09 April 2012

#8: TIME, TIMES & A HALF (Satu Masa, Dua Masa dan Setengah Masa)

Tetapi, bila kamu berbalik kepada-Ku dan tetap mengikuti perintah-perintah-Ku serta melakukannya, maka sekalipun orang-orang buanganmu ada di ujung langit, akan Kukumpulkan merka kembali dan kubawa ke tempat yang telah Kupilih untuk membuat nama-Ku diam disana
Nehemia 1: 9


Sampai begitu jauh, kita hanya belajar nubuatan hari. Dalam setiap kalimat yang kita temukan untuk hari berarti tahun. Tetapi hari-tahun tidak hanya jangka waktu dari waktu nubuatan dalam Alkitab. Dua kali dalam Daniel, dan sekali dalam Wahyu, ada ayat-ayat yang mengekpresikan “satu masa, dua masa dan setengah masa“. Jadi berapa lama yang dimaksud dengan waktu tersebut ? Lihat masalah masa ini dalam Daniel :

Daniel 7 : 25, “ Ia akan mengucapkan perkataan yang menentang Yang Maha Tinggi, dan akan menganiaya orang-orang kudus milik Yang Maha Tinggi; ia berusaha untuk mengubah waktu dan hukum, dan mereka akan diserahkan ke dalam tangannya selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.

Daniel 12 : 7, “ Lalu kedengar orang yang berpakaian kain lenan, yang ada disebelah atas air sungai bersumpah demi Dia yang hidup kekal, sambil mengangkat tangan kanan dan tangan kirinya ke langit : “ Satu masa dan dua masa dan setengah masa; dan setelah berakhir kuasa perusak bangsa yang kudus itu, maka segala hal ini akan digenapi ! “

Adakah yang dimaksud dengan masa seperti hari-tahun ? satu hal yang pasti, suatu masa bukanlah satu tahun. Disini bagaimana kita mengetahui hal ini. Kata Ibrani untuk hari adalah yom. Kata Bangsa Ibrani dan Syria untuk masa (yang digunakan dalam Dan 7:25 dan 12 : 7) adalah iddan dan moadah. Pastinya, Pencipta alam semesta mengetahui perbedaan diantara iddan, moadah dan yom . Tentu saja, dan Dia memberikan kita satu yom untuk satu tahun, bukan satu iddan atau satu moadah untuk satu tahun. Jadi iddan ( masa), dan moadah ( masa ), harus memiliki sesuatu yang lain. Mari kita menyebut mereka durasi waktu “X” (Hari [ Day ] : Strong’s Nos. H3117, yom, dari suatu akar yang tidak biasa digunakan yang berarti menjadi panas; satu hari [ a day ] { sebagai yang dimaksud jam-jam yang hangat }, cuaca terang. [ dari matahari terbit sampai matahri terbenam, atau dari satu matahari terbenam ke matahari terbenam berikutnya ]. Masa [ time ] { Dan 7:25 } : H5732, iddan, { Chaldean }, dari suatu akar yang saling berhubungan. Ke H5708; satu kumpulan masa { a set time }. Masa { time } [ Dan 12:7 ]: H4150, moade [ feminim ] mow’adah: dari H3259; prop. An appointment , contohnya masa sulit atau musim).

Dan bagaimana mengenai cara yang tidak jelas yang mana kata-kata ini digunakan, “ satu masa, dua masa dan setengah masa ? “ Berapa banyak “masa yang kita tahu disini ? apakah itu benar dalam bahasa Inggris ( Times ), Ibrani penuh dengan bahasa ungkapan ( idiomatic ). Sebagai contoh, ungkapan “Cut Off ( memotong )” berarti membunuh. “Ate the pieces of” dimaksud membawa tuduhan yang jahat terhadap, dan masih banyak lagi. Apakah “satu masa, dan dua masa dan setengah masa” juga adalah sebuah ungkapan ? Mari kita lihat bagaimana Firman mendukung hipotesis tersebut :

Ayub 33:14 “ Karena Allah berfirman dengan satu dua cara, tetapi orang tidak memperhatikannya “

Ayub 39 : 38 “ Satu kali aku berbicara, tetapi tidak akan kuulangi; bahkan dua kali, tetapi tidak akan kulanjutkan.”

Mazmur 62 : 12 “ Satu kali Allah berfirman, dua hal yang kudengar: bahwa kuasa dari Allah asalnya “

( Catatan penerjemah : Alkitab terjemahan LAI dalam bahasa Indonesia untuk menjelaskan maksud ayat-ayat tersebut kurang tepat dan mengena, karena dalam Alkitab Bahasa Inggris terjemahan Kings James Version, Ayub 33:14 ditulis sebagai berikut, “For God speaketh once, yea twice… “ lalu Ayub 39:38 yang dicatat dalam Job 40:5, ditulis, “ Once have I Spoken; but I will not answer; yea twice; …” dan Mazmur 62:11 atau dicatat dalam Psalm 62:11, “ God hath spoken once; twice have I heard this… “ )

Dalam ayat diatas, satu kali adalah satu dan dua kali adalah hanya satu lebih, untuk sebuah jumlah dari dua : 1+1 = 2. sebuah kata singular satu diikuti dengan sebuah kata plural dua kali adalah hanya dua. Dengan cara yang sama suatu kata singular dari masa yang diikuti dengan sebuah plural dua masa mungkin hanya dua. Hanya dua ! kata-kata adalah berbeda, tetapi bentuk ungkapan ( idiomatic ) adalah sama. Jika Tuhan telah berkata, “satu masa, dua masa” kita mungkin telah dapat melihat dengan cepat.

Mari sekarang kita terapkan bahasa ungkapan yang sama untuk menterjemahkan satu masa, dua masa, dan setengah masa ( time, times and half a time ). Tambahkan setengah masa dan kita akan memiliki dua dan setengah masa, atau 1+1+ ½ = 2 ½ . Bukankah hal itu sesuatu yang sederhana? (Saya minta maaf untuk penjelasan ini saudara-saudara. Saya tahu saya seperti anak yang masih belajar di taman kanak-kanak, tetapi hal ini kelihatannya cara yang paling mudah untuk menjelaskan konsep tersebut.) Jadi mengapa orang-orang harus mengatakan, “ satu masa, dua masa dan setengah masa “ adalah tiga setengah tahun ? Siapakah yang mengetahui ? Kemungkinan hal tersebut untuk memenuhi skema tujuh tahun masa penderitaan besar. Bagaimanapun, Ahli–Ahli Bahasa Ibrani , ditambah dengan Kitab-Kitab Yahudi itu sendiri tidak mendukung 3 ½ sebagai apa yang benar yang dimaksud dalam ayat tersebut.

Tepat, jadi yang dimaksud dengan “satu masa,dua masa dan setengah masa “ adalah sebenarnya dua setengah masa. Tetapi jika satu masa bukan satu tahun, berapa lama yang dimaksud dengan hal tersebut ? Daniel memahami apa yang dimaksud dengan hari-tahun, tetapi dia tidak memahami apa yang dimaksud dengan masa. Mengapa ? sebab hari-tahun di jelaskan kepadanya dalam firman-firman Perjanjian Lama, sementara masa tidak. Pada kenyataannya, masa tidak dijelaskan sampai ke nabi-nabi terakhir dari Perjanjian lama :

2 Petrus 3 : 8, “ Akan tetapi, saudara-saudaraku yang kukasihi, yang satu ini tidak boleh kamu lupakan, yaitu, bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun dan seribu tahun sama dengan satu hari.”

Pada bagian permukaan, sepertinya banyak dari satu definisi untuk masa ( time ) bukan ? hal itu tentu saja tidak dapat diterapkan dalam bahasa Inggris. Tetapi ada sesuatu yang salah disini. Tuhan telah memberikan definisi kepada kita untuk hari. Dia memberikan satu hari untuk satu tahun. Apakah Tuhan mengubah definisi-Nya sendiri dari nubuatan hari ? tidak semuanya. Kita dapat membuktikan bahwa interpretasi yang benar untuk nubuatan hari adalah masih tahun sama dengan terhadap 42 bulan dan 1260 hari dalam kitab Wahyu yang telah kita pelajari sebelumnya.

Apa yang kita miliki disini adalah suatu “ X bagi Tuhan adalah sama dengan seribu tahun, dan seribu tahun adalah sebagai satu X. “ Jadi bagaimana kita menyelesaikan “X” ? dengan mempelajari kata dalam bahasa Yunani, bahasa asli dari Perjanjian Baru. Kata Yunani yang diterjemahkan sebagai “hari” dalam 2 Petrus 3:8 diatas adalah hemera. Hemera adalah sebuah kata yang tidak jelas atau rancu atau membingungkan yang kadang-kadang diterjemahkan sebagai : periode, saat, musim, tahun dan tebak apa… masa ( time ). Jadi apa terjemahan yang benar disini? dalam bahasa Yunani, susunan kalimat sering menentukan terjemahan yang dimaksud, tetapi dalam ayat tersebut diatas, terjemahan yang benar tidak dapat dikembangkan dengan pasti sebab susunan kalimat tidak menunjuk pada susunan kalimat yang benar. Dengan tujuan dapat dimengerti, penterjemah memakai “hari”, yang sangat umum digunakan, tetapi hal ini bukan maksud yang sungguh-sungguh dimaksud oleh penulis. Hemera diterjemahkan sebagai masa ( time ) empat kali dalam empat ayat di KJV dan 12 ayat di NAS, jadi masa ( time ) dapat sangat luas diterjemahkan. Jadi apakah itu memungkinkan bahwa jangka waktu dari “X” adalah seribu tahun ?

Jika masa ( time ) adalah seribu tahun dan kita punya 2 ½ masa, jadi “ satu masa, dua masa dan setengah masa “ seharusnya adalah 2500 tahun. Jadi sampai sejauh ini, kita hanya memiliki sebuah dugaan dan juga dukungan yang lemah atasnya. Tetapi, diatas itu semuanya kita telah memiliki hari-tahun sampai kita telah menaruhnya ke dalam sejarah. Mari kita melihat jika tepat 2500 tahun catatan sejarah memenuhi gambaran Alkitab mengenai waktu ( times ) sesuai pada tahun.

Sesudah Nebukadnezar dari Babilon wafat pada tahun 562 SM. Masing- masing dari ketiga anaknya hanya memerintah beberapa tahun sehingga kekaisaran meniadi sungguh tidak stabil ( Nebukadnezar kemudian diteruskan oleh anaknya yang tertua Awel-Marduk, Awel Merodakh [ 2 Raja2 25:27-30 ] {561-560 SM} yang kemudian diikiuti oleh Neriglissar { 560 – 558 SM }, yang kemudian dilanjutkan oleh Labashi Marduk { 557 SM } ) . Raja Labashi-Marduk dibunuh. Walaupun Alkitab tidak memberikan gambaran yang jelas, hal ini dapat diketahui dari catatan sejarah Timur Tengah dari sumber-sumber sekuler yang memberikan kita suatu gambaran mengenai apa yang terjadi kemudian. Daniel seperti harus berjalan diatas telur untuk menghindari trik dan plot politik dalam dewan pemerintahan Babilon. Banyak dari mereka yang membenci Daniel dan ingin membunuhnya [ Dan 6 : 4-13 ]. Bagaimanapun, Tuhan tetap melindungi Daniel dalam lingkungan dan situasi yang mengerikan tersebut.

Kemudian pada tahun 558 SM, seorang keponakan laki-laki dari Nebukadnezar yang bernama Nabonidus, kemudian naik tahta. Dia membuktikan bahwa dia dapat memerintah dengan baik. Bagaimanapun, dia tidak dapat menahan kekuasan dari dewan Babilon, sehingga tiga tahun kemudian, dalam tahun 552 SM, dia memilih seseorang yang relatif sangat dekat, Belshazzar, untuk memerintah kekaisaran untuk dia. Kemudian Nabonidus menghabiskan sisa hidupnya dengan menjelajahi seluruh tanah arab, melakukan penggalian arkeologi dan menulis puisi.
Selama masa-masa kekacauan tersebut, Tuhan memberikan Daniel visi atau penglihatan mengenai empat binatang besar yang naik dari dalam laut ( Lautan adalah masyarakat di bumi [Wah 17:15]: “Semua air yang kau lihat….adalah bangsa-bangsa dan rakyat banyak dan kaum dan bahasa.”). Firman memberitahukan kepada kita kapan penglihatan ini terjadi, tepat pada tahun, “Pada tahun pertama pemerintahan Belsyazar “ [ Dan 7: 1 ] ( Untuk tanggal, tidak ada bukti arkeologi langsung untuk tahun 552 SM adalah tahun pertama pemerintahan Belsyazar. Bagaimanapun, tanggal tersebut dapat didukung dari menghubungkan bukti-bukti mengenai pemerintahan dari Nabonidus. John Walvoord, The key to prophetic revelation [ Chicago, Moody Press, 1971 ] p. 115 menerima tahun 553 SM sebagai penanggalan Belsyazar, dan semua mengakui satu sampai tiga tahun adalah sesuatu yang membingungkan dalam penanggalan Perjanjian Lama ). Dalam bahasa gambar, penglihatan ini kemudian menggambarkan empat kerajaan besar yang akan menguasai tanah suci selama jaman bangsa-bangsa lain. Pada akhir dari penglihatan, Tuhan memberitahukan kepada Daniel mengenai masa ( times ) :

Dan 7 : 25 “ Ia akan mengucapkan perkataan yang menentang Yang MahaTinggi, dan akan menganiaya orang-orang kudus milik Yang MahaTinggi; ia berusaha untuk mengubah waktu dan hukum, dan mereka akan diserahkan ke dalam tangannya selama satu masa dan dua masa dan setengah masa “

Kadang-kadang doktrin-doktrin kita mengalami kesukaran karena kita tidak memikirkan mengenai kepada siapa Tuhan berbicara, atau kapan. Dalam kalimat ini, Tuhan berbicara kepada Daniel dalam tahun 552 SM.

Jadi dalam jamannya Daniel, siapa yang berteriak menentang Tuhan? Sampai sekarang, Setan berteriak menentang Tuhan. Siapakah yang dimaksud dengan Orang-Orang Kudus di jamannya Daniel ? Orang-orang Yahudi, tentu saja. Jadi dari tahun 552 SM, ketika nubuatan ini diberikan, Tuhan memberitahukan kepada Daniel bahwa Bangsa Yahudi akan berada dibawah kekuasan setan dari bangsa-bangsa lain selama dua setengah masa, atau mungkin barangkali selama 2500 tahun. Bahwa Tanah Suci akan dikuasai oleh bangsa-bangsa asing jauh ke masa depan. Sekarang mari kita lihat lebih jauh kerangka dari sejarah untuk hal tersebut dan melihat apakah semuanya itu memenuhi. Sejak definisi dari masa ( time ) dijelaskan dalam Perjanjian baru, kita tidak perlu untuk menkonversikan dari tahun Ibrani ke tahun matahari untuk mencocokkan kalender kita. Sebuah pengurangan yang sederhana akan kita lakukan sehingga mendapatkan :

2500 – 552 SM = 1948 M, dan Negara Baru Israel !

Hanya suatu keberuntungan? Jika tahun tersebut adalah bukan interpretasi yang benar, maka hal itu adalah suatu hal kebetulan yang sangat istimewa dalam semua yang telah dicatat sejarah. Semuanya tepat dengan Firman dan catatan sejarah kita tepat dengan tahun. Tetapi sebagai hal yang sangat istimewa yang memenuhi nubuatan mungkin saja, kita hanya memiliki satu teori jika hanya 2500 tahun untuk periode times ( masa ) yang tepat dengan kejadian di jaman dahulu.

>

Tetapi ketika Tuhan sungguh-sungguh membuka nubuatan, Dia memberikan kepada kita cukup bukti untuk mengetahui apa yang kita temukan tepat didepan. Pada akhir masa penglihatan nubuatan Dari Daniel, Tuhan memberikan Daniel penglihatan yang lain mengenai masa ( times ) [ Nubuatan ini juga termasuk 1290 hari yang memimpin kita untuk memahami the Dome of the Rock sebagai kekejian yang membinasakan ]. Penglihatan terakhir dapat ditandai pada tahun ketiga pemerintahan Koresy dari Persia, atau 533 SM :

Dan 10 : 1 “ Pada tahun ketiga pemerintahan Koresy, Raja orang Persia, suatu firman dinyatakan kepada Daniel yang diberi nama Beltsazar…”

Daniel sekarang adalah seorang yang sangat tua. Dia tahu bahwa dia akan segera meninggal. Gunung Bait Suci telah terbengkalai dan lama ditinggalkan serta upacara korban bakaran telah dihentikan sepanjang sisa waktu hidupnya. Dia tahu bahwa seuatu kekejian yang membinasakan akan berdiri di tempat yang sangat dicintainya dalam waktu kurang dari 1300 tahun. Akankah Bangsa Yahudi menguasai Yerusalem kembali ? Tentu saja. Banyak Firman-Firman dalam Perjanjian Lama memberitahukan kepadanya begitu termasuk Yesaya 11:11. Tetapi kapan ? Tuhan memberitahukan kepada dia dengan baik, termasuk dalam hal tahun, tetapi kemudian menyembunyikan hal itu sehingga tidak ada seorangpun yang akan tahu mengenai waktu tersebut, sampai semuanya terjadi :

Dan 12 : 7 “ Lalu kudengar orang yang berpakaian kain lenan, yang ada di sebelah atas air sungai itu bersumpah demi Dia yang hidup kekal, sambil mengangkat tangan kanan dan tangan kirinya ke langit : “ Satu masa dan dua masa dan setengah masa; dan setelah berakhir kuasa perusak bangsa yang kudus itu, maka segala hal ini akan digenapi ! “

Tiga tahun sebelumnya, Koresy telah mengeluarkan suatu perintah yang mengizinkan Bangsa Yahudi untuk kembali ke tanah air mereka. Mereka telah memulai perjalanan kembali ke Tanah Suci, dan segera sesudah itu mereka membangun Bait Suci yang kedua. Bait Suci tersebut berdiri sampai tahun 70 M, ketika Bangsa Yahudi kembali di usir dari tanah tersebut. Tetapi Tuhan mengetahui akhir dari penyebaran yang kedua, dengan baik. Dia tahu mengenai kapan hal ini akan berakhir, kemudian Bangsa Yahudi akan kembali ke Tanah Suci sekali lagi dan kembali menguasai Yerusalem. Kapan Penglihatan tersebut diberikan ? dalam tahun 533 SM, tahun ketiga dari pemerintahan Koresy. Jadi “ Satu masa dan dua masa dan setengah masa “ seharusnya dimulai dari tahun ketiga pemerintahan Koresy :

2500 – 533 SM = 1967 M
Yerusalem dibebaskan dari penguasaan Bangsa-Bangsa Lain !


Tuhan bahkan memberikan penekanan pada kalimat terakhir dari nubuatan tersebut dengan suatu cara sehingga akan sulit untuk tidak mengetahui keinginan-Nya: “...Dan setelah berakhir kuasa perusak bangsa yang kudus itu, maka segala hal ini akan digenapi. “ Pada tahun 1967, Bangsa-Nya kudus, Bangsa Yahudi, tidak lebih lama lagi tersebar diantara bangsa-bangsa lain. Mereka telah memiliki Negara kembali, dan kekuasan mereka tidak lagi dihancurkan lebih lama. Tetapi mohon perhatikan kata-kata kalimat terakhir sekali lagi : “dan setelah berakhir kuasa perusak bangsa yang kudus itu, maka segala hal ini akan digenapi. “ Sejak semuanya digenapi pada tahun 1967, maka kemudian semua penglihatan Daniel yang terakhir dan barangkali seluruh kitabnya digenapi pada tahun 1967, menutup pintu mengenai pandangan-pandangan akhir jaman berdasarkan penglihatan ini.



WAKTU DAN SAATNYA ( A SEASON AND A TIME )

Ada penjelasan ketiga dalam kitab Daniel yang membuktikan bahwa kata nubuatan “ time ( masa ) “ adalah suatu seribu tahun. Empat binatang dalam Daniel 7 dipahami oleh hampir semua teolog konservatif sebagai gambaran lambang dari empat kekaisaran besar yang akan memerintah di Tanah Suci selama jaman bangsa-bangsa asing ( lain ). Tiga yang pertama dari binatang tersebut adalah Babilon, Media Persia dan Yunani. Binatang ke empat, Roma, jatuh pada tahun 476 M (penjelasan lebih lanjut mengenai kekaisaran ini dalam bab berikutnya). Orang-orang Muslim datang segera sesudah Roma jatuh, tetapi orang-orang Muslim tidak diberikan dominasi atas dunia seperti kekaisaran sebelumnya; bagaimanapun, Tuhan mengijinkan Negara-negara Islam untuk memerintah di Tanah Suci untuk suatu “ Sampai pada waktu dan saatnya ( season and a time ) “ :

Dan 7 : 11-12 “ … aku terus melihatnya, sampai binatang [ ke-empat ] [ Roma ] dibunuh, dan tubuhnya dibinasakan dan diserahkan ke dalam jurang api. Juga kekuasaan binatang-binatang lain [Negara-negara Islam yang menguasai Yerusalem] dicabut, dan jangka hidup mereka [di Tanah Suci] ditentukan sampai pada waktu dan saatnya (a season and a time).“ (Keterangan Penerjemah : Dalam Alkitab Bahasa Indonesia, a season and a time diterjemahkan sebagai sampai pada waktu dan saatnya, sehingga mengaburkan arti yang dimaksud dalam penjelasan penulis, Ellis Skolfield dalam masalah ini ).

Jika masa ( time ) berdasarkan keterangan sebelumnya adalah 1000 tahun dan terdapat empat musim dalam setahun, maka satu musim ( a season ) seharusnya adalah ¼ dari satu masa ( time ), atau 250 tahun. 1000 + 250 = 1250. Satu musim ( a season ) tidak didefinisikan sebagai jumlah hari tertentu dan dapat berfluktuasi sebagai satu minggu atau dua sesuai dengan tujuannya sehingga hal ini “ season and time ( musim dan masa ) “ sungguh menggenapi catatan sejarah dengan baik.

Israel Baru menjadi suatu Negara “ a season and a time ( satu masa dan satu musim ), “ [ 1260 tahun ] sesudah the Dome of the Rock dibangun.

Jadi sekarang kita telah melihat tiga contoh, dari Daniel sendiri, mengenai arti dari masa ( time ) yang menggenapi sejarah, ketika masa ( time ) dipahami menjadi satu periode waktu 1000 tahun. Sebagai akibatnya, adalah tidak realistis untuk mengartikan nubuatan masa (times) dengan arti atau maksud yang lain. Saudara-saudara, apakah saya mudah tertipu sampai saya dapat menerima masa yang sama dengan 1000 tahun sebagai suatu kebetulan belaka, tetapi sampai tiga kali? Adalah suatu yang tidak mungkin! Penyelesaian semuanya adalah suatu jarak waktu beribu-ribu tahun – dari kejadian-kejadian sejarah yang dicatat dalam catatan sejarah kuno sampai dengan catatan sejarah yang terjadi dalam masa hidup kita sendiri. Oleh karena itu memakai ukuran statistik lain adalah hal yang tidak mungkin, jadi kita tidak lebih lama lagi dengan berbagai macam hipotesis; kita harus mendengarkan secara Alkitabiah dan kejadian-kejadian yang terjadi dalam sejarah yang dapat mendukung dari doktrin ( Dalam Dan 12 : 7 ada pesan yang lebih jauh: “...maka segala hal ini akan digenapi [ all these things shall be finished ] “ yang menunjukkan bahwa semua kejadian yang diramalkan dalam penglihatan terakhir Daniel, termasuk“ Mikhael yang akan mendampingi [ Michael standing Up ] “ telah digenapi pada tahun 1967. Hal ini membawa akhir dari perdebatan untuk Dan 11: 36-45 yang mengatakan bahwa ayat-ayat ini berhubungan dengan suatu periode dalam masa depan kita atau mengenai seorang antikris yang akan datang. Semua ayat tersebut telah digenapi ).

Dalam hal masa ( times ) dan hari-tahun ( day-years ), kita memiliki satu argumen empiris yang solid, seperti sebuah permainan puzzle, yang mana setiap potongan dari puzzle saling cocok dan tepat dengan potongan yang lain. Kita dapat berdebat mengenai tempat, warna, atau ketajaman dari setiap potongan, tetapi ketika seluruh puzzle di taruh bersamaan dan lengkap, kita dapat berdiri dan memandang sebuah gambaran yang lengkap. Adalah tidak mudah untuk meragukan sebuah gambar nubuatan yang mana didalamnya semua elemen telah saling menggenapi dengan lengkap. Jika semuanya itu bukan dari Tuhan, semuanya akan kembali menjadi kepingan-kepingan kecil dari potongan asli yang sebenarnya; tetapi jika itu karena Tuhan, semuanya akan tetap terjaga dan tumbuh dengan baik, tidak perduli dengan hal lain yang menentangnya [ Kis 5 : 35 – 39 ].


Hal-hal yang berhubungan dengan nubuatan dari hari-tahun ( day-years ) dan masa ( time ) adalah sesuatu yang sungguh luar biasa. Hal tersebut menunjukkan suatu kedaulatan dari Tuhan yang tidak dibatasi waktu yang mengetahui semua masalah terhadap umat manusia dalam satu cara yang adalah sangat sulit untuk dibantah, dan juga didalamnya termasuk suatu periode waktu yang sangat panjang. Meskipun semua musuh menghasilkan yang terbaik dan kerumitan dari 2500 tahun dalam sejarah, Tuhan tidak hanya mengetahui sebelum waktunya mengenai apa yang akan terjadi di Tanah Suci, tetapi mengatur sejarah dalam suatu cara seperti yang dikatakan oleh nabi-nabi-Nya untuk suatu tempat yang dipilih Tuhan pada waktu yang dipilih-Nya, tepat pada tahun. Secara kemanusiaan, bukan hal ini tidak mungkin ? Tentu saja. Hal itu juga adalah cara yang benar dalam memandang Daniel 7:11-12, atau kita harus memerlukan suatu keacuhan yang total mengenai segalanya yang telah kita pikirkan dan kita ketahui mengenai kemungkinan dan data statistik yang ada.


BERITA SINGKAT

Kantor Berita Nasional Israel, 24 / 7 / 2007 : Pemerintah Siria : Perang dengan Israel awak merupakan perang balsitik ( rudal ), oleh Gil Ronen.

Siria melihat bahwa peperangan berikutnya dengan Israel sebagai perang yang akan meibatkan serangan misil pada infrastruktur sipil dan perang gerilya. Seperti yang dikatakan seorang pejabat dari Kementerian Pertahanan Siria yang tidak mau menyebutkan namanya dalam sebuah percakapan hari Senin kemarin. Siria lebih suka menghindari sebuah perang langsung, “ yang bersifat klasik “ dalam konfrontasi dengan Israel, katanya lebih lanjut. Sebaliknya, perang berikutnya akan melibatkan roket Katyusha dan rudal misil yang akan diarahkan pada target-terget penting di Israel, terutama yang berhubungan dengan fasilitas infrastruktur masyarakat sipil.
Pejabat tersebut selanjutnya juga mengatakan bahwa, perang tersebut tidak terbatas pada satu serangan, tetapi pada umumnya akan berkepanjangan. “Ini akan menjadi sebuah perang yang berkepanjangan, yang akan dilakukan saat bangsa Israel dalam kondisi yang tidak baik,“ dia menjelaskan. Mengenai konflik, dia berkata lagi, akan lebih banyak seperti perang antar kota daripada sebuah perang di medan pertempuran. “

Berdasarkan kutipan diatas: “perang berikutnya akan melibatkan roket Katyusha dan peluru kendali missil.” Dalam “Malapetaka terakhir yang ditumpahkan atas bumi,” dalam cawan kemurkaan, disana ada gambaran lambang dari roket-roket tersebut dan dalam perang dimana Israel sedang bertarung bahkan sekarang :

Wahyu 16 : 21 “ Dan hujan es besar, seberat seratus pon, jatuh dari langit menimpa manusia, dan manusia menghujat Allah karena malapetakan hujan es itu, sebab malapetaka itu sangat dasyat. “

Rasul Yohanes tidak memiliki gambaran yang tepat mengenai seperti apa roket tersebut, yang mana berat dari kepala rudal akan “ kira-kira satu talenta“ atau 100 pon…. Tetapi Allah dalam Alkitab mengetahuinya !


Daftar lengkap Ebook Islam di akhir zaman (Klik untuk membaca):

Catatan Penerjemah
Dedikasi
#1: CRIME SCENE (Adegan Kejahatan)
#2: THE DETECTIVE ( Sang Detektif )
#3: WHEN ARE WE ? ( Kita Sekarang berada di jaman apa ? )
#4: 69 WEEKS ( 69 Masa )
#5: 1290 DAYS ( 1290 Hari )
#6: WRONG ROCK ( Batu yang Keliru )
#7: TWO WITNESSES ( Dua Saksi )
#8: TIME, TIMES & A HALF (Satu Masa, Dua Masa dan Setengah Masa)
#9: MOUNTING EVIDENCE ( Bukti Yang Segunung )
#10: LEOPARD – BEAR – LION ( Macan Tutul – Beruang – Singa )
#11: TWO-HORNS ( Dua-Tanduk )
#12: MARK OF THE BEAST ( Tanda dari Binatang )
#13: SCARLET BEAST ( Binatang Merah ungu )
#14: HOUR, DAY, MONTH & YEAR ( Jam, Hari, Bulan & Tahun )
#15: A LITTLE ABOUT RIVETS ( Sedikit Cerita Tentang Paku-Paku )

Atau Klik disini untuk mengunduh versi Ebook/Pdf-nya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan menuliskan komentar Anda. Kami akan segera menanggapinya. Terimakasih, Tuhan memberkati.