googleb2757ebb443295f5 Masa Depan Cerah: Besok Friday 13th, Benarkah Hari Sial?

Kamis, 12 April 2012

Besok Friday 13th, Benarkah Hari Sial?

Salah satu mitos yang paling populer adalah kepercayaan bahwa tanggal 13 yang bertepatan dengan hari Jumat adalah komposisi yang tepat untuk menjadi “hari sial” atau biasa dikenal dengan “Friday The 13 th”. Dari sedikit kemungkinan komposisi tersebut, Jumat minggu kedua April besok jatuh pada tanggal 13.

Hal ini menjadi sebuah fenomena yang disebut Friggatriskaidekaphobia, sebuah takhayul yang sudah ada sejak berabad-abad lamanya berkembang di budaya barat.

Thomas Gilovich dari Departement if Psychology at Cornell University mengungkapkan justru mereka yang mengasosiakan hari Jumat tanggal 13 itu dengan hal-hal atau kejadian buruk dalam kehidupan merekalah yang akan mengalami Friggatriskaidekaphopia.

"Jika sesuatu yang buruk terjadi pada Jumat tanggal 13 dan Anda mempercayainya maka hal itu akan terpatri dalam pikiran Anda karena pikiran adalah sebuah sistem asosiatif," kata Gilovich seperti dilansir Association for Psychological Science.

Walaupun tidak ada bukti atau validitas apapun tentang kesialan angka 13, tapi takhayul ini sukses menakuti kalangan intelektual tinggi seperti para arsitek dan desainer interior yang sengaja tidak melabeli sebuah gedung atau bangunan dengan lantai ke-13.

"Banyak orang memegang sejumlah keyakinan tanpa memahami latar belakang atau dari mana keyakinan itu datang," kata Gilovich.

Setiap hari adalah harinya Tuhan, dan Tuhan telah merancangkan segala sesuatu untuk kebaikan, termasuk hari Jumat tanggal 13. Mempercayai hari tertentu sebagai hari sial, sama artinya dengan kita tidak percaya kepada penyertaan Tuhan.

Sumber: Jawaban.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan menuliskan komentar Anda. Kami akan segera menanggapinya. Terimakasih, Tuhan memberkati.