googleb2757ebb443295f5 Masa Depan Cerah: Nabi palsu, tanda mujizat dan nubuat

Senin, 16 April 2012

Nabi palsu, tanda mujizat dan nubuat

Tulisan ini tidak dimaksudkan untuk mengkritik aliran tertentu, juga bukan untuk menghakimi Hamba Tuhan tertentu. Namun bertujuan untuk memberikan masukan bahwa banyak sekali masa-masa sekarang ini terjadi penyesatan terhadap tafsir dan penelaahan Firman Tuhan yang dikemas dalam hal-hal yang bersifat supranatural dan nubuatan.

Saya sangat percaya akan Miracle, tetapi saya lebih cinta kepada Sang Pembuat Miracle itu. Allah Maha Besar!!


* Matius 24:3-5,10-11
24:3 Ketika Yesus duduk di atas Bukit Zaitun, datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya untuk bercakap-cakap sendirian dengan Dia. Kata mereka: "Katakanlah kepada kami, bilamanakah itu akan terjadi dan apakah tanda kedatangan-Mu dan tanda kesudahan dunia?"
24:4 Jawab Yesus kepada mereka: "Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu!
24:5 Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Mesias, dan mereka akan menyesatkan banyak orang.
24:10 dan banyak orang akan murtad dan mereka akan saling menyerahkan dan saling membenci.
24:11 Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang.

* Matius 7:22
Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?



1. PERZINAHAN ROHANI

Perzinahan rohani banyak terjadi di gereja masa kini, para nabi dan rasul yang palsu berkembang subur sebagai seorang pembicara yang diminati jemaat masa kini. Pengajaran para nabi palsu akan menjatuhkan iman yang sesungguhnya. Umat Kristen justru menyukai pengajaran mereka dan ini akan menimbulkan keimanan yang “semu”. Kita telah diperingatkan untuk menjadi bijaksana/arif dalam menelaah terhadap nubuat-nubuat yang mereka ucapkan. Selidikilah setiap tutur kata dan perilaku mereka, dan ini bukan berarti kita mencobai Tuhan.

Sebaiknya kita tidak boleh merasa terbebas dari dosa ini, hanya karena kita tidak menyimpan jimat-jimat atau pergi ke dukun dan ahli nujum. Perlakuan kita mengkultuskan hamba Tuhan tertentu, itu juga merupakan suatu dosa idolatri.

* Hosea 4:12
Umat-Ku bertanya kepada pohonnya, dan tongkatnya akan memberitahu kepadanya, sebab roh perzinahan menyesatkan mereka, dan mereka berzinah meninggalkan Allah mereka.


-----------------------------------------------------------



2. PENGAJARAN & NABI PALSU


*Matius 24:11
Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang.


Kurangnya kepekaan rohani dan ketidak-mampuan untuk menguji roh-roh seperti yang dihimbau di dalam Alkitab menimbulkan masalah yang serius. Dalam iklim rohani yang demikianlah ajaran-ajaran yang tidak Alkitabiah secara tidak kentara menyusup masuk ke dalam gereja.

Alkitab mengungkapkan bahwa kepalsuan hadir berdampingan dengan kebenaran. Ada banyak aspek dari kekristenan palsu yang sudah dan yang akan menyatakan diri :


1. Orang Kristen palsu - pengajar-pengajar palsu

*2 Korintus 11:26
11:26 Dalam perjalananku aku sering diancam bahaya banjir dan bahaya penyamun, bahaya dari pihak orang-orang Yahudi dan dari pihak orang-orang bukan Yahudi; bahaya di kota, bahaya di padang gurun, bahaya di tengah laut, dan bahaya dari pihak saudara-saudara palsu.


2. Injil palsu

* Galatia 1:8
Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia.


3. Tanda-tanda dan mujizat-mujizat palsu

* Matius 24:24
Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga.


4. Kebenaran palsu

* Roma 10:3
Sebab, oleh karena mereka tidak mengenal kebenaran Allah dan oleh karena mereka berusaha untuk mendirikan kebenaran mereka sendiri, maka mereka tidak takluk kepada kebenaran Allah.


5. Gereja palsu

* Wahyu 2:9
Aku tahu kesusahanmu dan kemiskinanmu--namun engkau kaya--dan fitnah mereka, yang menyebut dirinya orang Yahudi, tetapi yang sebenarnya tidak demikian: sebaliknya mereka adalah jemaah Iblis.


6. Kristus palsu

* 2 Tesalonika 2:8-10
2:8 pada waktu itulah si pendurhaka baru akan menyatakan dirinya, tetapi Tuhan Yesus akan membunuhnya dengan nafas mulut-Nya dan akan memusnahkannya, kalau Ia datang kembali.
2:9 Kedatangan si pendurhaka itu adalah pekerjaan Iblis, dan akan disertai rupa-rupa perbuatan ajaib, tanda-tanda dan mujizat-mujizat palsu,
2:10 dengan rupa-rupa tipu daya jahat terhadap orang-orang yang harus binasa karena mereka tidak menerima dan mengasihi kebenaran yang dapat menyelamatkan mereka.

Untuk mengetahui penipuan-penipuan seperti yang tercantum diatas bukanlah sesuatu yang mudah. Kita harus mengetahui penyebab penipuan, sifat-sifat penipuan, konsekuensi penipuan, dan jalan keluar dari penipuan. Kebohongan, penyimpangan, dan penyangkalan terhadap kebenaran Allah berasal dari sifat dasar Iblis.

Iblis selalu berusaha menyebarkan kebohongan dan kepalsuan dengan tujuan supaya dialah yang disembah, bukan Allah pencipta. Oleh karena itu, Iblis menjanjikan popularitas, kebebasan, kekayaan dan kenikmatan kepada manusia. Penipuan dalam hal rohani bermacam-macam ragamnya.

Namun kita dapat mengenali empat ciri utama : Ajaran-ajaran yang menipu cenderung menurunkan Allah dari takhta-Nya, mendewakan manusia, menyangkal keberadaan dosa, atau meremehkan dosa, dan mendeskreditkan firman Allah.

Sering juga kita jumpai didalam kekristenan ada praktek-praktek yang menyerupai kebatinan, mistik, okultisme, kepercayaan-kepercayaan Timur, dan lain-lain. Penipuan dan ajaran-ajaran sesat mengikat kita kepada Iblis dan rencana-rencananya. Mungkin diantara kita ini ada yang terikat pada hal-hal tersebut, namun janganlah kuatir. Kita kembali kepada pengajaran Tuhan Yesus dan Kebenaran Allah memerdekakan kita dari keterikatan itu :

* Yohanes 8:31-32
8:31 …….. "Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku
8:32 dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu."

Oleh karena itu, pelajarilah firman Allah setiap hari dan biarkanlah Anda diperbaharui oleh kebenaran-Nya. Akui semua dosa yang Anda ketahui dan mintalah pengampunan dari Tuhan.


---------------------------------------


3. TANDA DAN MUJIZAT

Mujizat adalah suatu peristiwa yang bertentangan dengan hukum alam atau bertentangan dengan apa yang biasanya terjadi.

Terjadinya suatu tanda dan mujizat tergantung pada kehendak Tuhan. Karena itu dalam menafsirkan ayat-ayat seperti Markus 11:22-24 yang menun-jukkan bahwa doa yang disertai iman bisa menghasilkan mujizat, kita juga harus memperhatikan ayat ini :

* 1 Yohanes 5:14
5:14 Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya.

Namun iblis mampu juga memberikan pernyataan kuasa/ tanda-tanda dan mujizat-mujizat. Iblis bisa menyamar sebagai malaikat terang. Bagaimanakah mengetahui sesuatu itu datang dari Allah atau bukan?

* Ulangan 18:20-22
18:20 Tetapi seorang nabi, yang terlalu berani untuk mengucapkan demi nama-Ku perkataan yang tidak Kuperintahkan untuk dikatakan olehnya, atau yang berkata demi nama allah lain, nabi itu harus mati.
18:21 Jika sekiranya kamu berkata dalam hatimu: Bagaimanakah kami mengetahui perkataan yang tidak difirmankan TUHAN? --
18:22 apabila seorang nabi berkata demi nama TUHAN dan perkataannya itu tidak terjadi dan tidak sampai, maka itulah perkataan yang tidak difirmankan TUHAN; dengan terlalu berani nabi itu telah mengatakannya, maka janganlah gentar kepadanya."

Tetapi bagaimana bila tanda dan mujizat yang dari iblis itu itu benar-benar terjadi? Bagaimana jika sang nabi palsu itu bisa menbuat mujizat yang menakjubkan banyak orang?.

Sesungguhnya bukankah kita sudah diperingatkan bahwa di akhir zaman ini banyak orang akan melihat tanda-tanda dan mujizat-mujizat? Maka kita harus meneliti apakah tanda-tanda dan mujizat-mujizat itu mencerminkan buah-buah Roh atau tidak?. Apakah mujizat itu memuliakan Allah atau tidak?. Apakah mujizat itu mencerminkan kasih? Sebab hal-hal yang sifatnya sihir tidak akan mencerminkan buah-buah Roh.

* Galatia 5:22-23
5:22 Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,
5:23 kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.

Tanda-tanda dan mujizat-mujizat yang datang dari Allah itu bukanlah sesuatu yang bisa diciptakan dan diperintahkan manusia.


* Matius 16:4
16:4 Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus." Lalu Yesus meninggalkan mereka dan pergi.

Bisakah manusia memerintah Allah untuk mengatraksikan sebuah mujizat untuk keperluan sebuah pertunjukan?. Allah mempunyai otoritas kapan dan dimana Dia mau menyatakan kuasaNya.

Dalam suatu kejadian mujizat, apakah nabi-nabi ini terpanggil untuk men-tobatkan orang-orang, apakah mereka setia kepada Kristus? Ataukah mereka itu hanya menyediakan hal-hal heboh untuk memikat para umat yang justru menjauhkan mereka ini dari kecintaannya kepada Tuhan melainkan hanya terpikat kepada nabi-nabi tersebut?

* Ulangan 13:1-3
13:1 Apabila di tengah-tengahmu muncul seorang nabi atau seorang pemimpi, dan ia memberitahukan kepadamu suatu tanda atau mujizat,
13:2 dan apabila tanda atau mujizat yang dikatakannya kepadamu itu terjadi, dan ia membujuk: Mari kita mengikuti allah lain, yang tidak kaukenal, dan mari kita berbakti kepadanya,
13:3 maka janganlah engkau mendengarkan perkataan nabi atau pemimpi itu; sebab TUHAN, Allahmu, mencoba kamu untuk mengetahui, apakah kamu sungguh-sungguh mengasihi TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu.

Datangnya sebuah mujizat yang menyertai murid-muridNya adalah kehendak Allah dengan otoritasNya:

* Ibrani 2:3-4
2:3 bagaimanakah kita akan luput, jikalau kita menyia-nyiakan keselamatan yang sebesar itu, yang mula-mula diberitakan oleh Tuhan dan oleh mereka yang telah mendengarnya, kepada kita dengan cara yang dapat dipercayai, sedangkan
2:4 Allah meneguhkan kesaksian mereka oleh tanda-tanda dan mujizat-mujizat dan oleh berbagai-bagai penyataan kekuasaan dan karena Roh Kudus, yang dibagi-bagikan-Nya menurut kehendak-Nya

* Kisah Para Rasul 14:3
14:3 Paulus dan Barnabas tinggal beberapa waktu lamanya di situ. Mereka mengajar dengan berani, karena mereka percaya kepada Tuhan. Dan Tuhan menguatkan berita tentang kasih karunia-Nya dengan mengaruniakan kepada mereka kuasa untuk mengadakan tanda-tanda dan mujizat-mujizat.


Namun bagaimana terhadap nabi-nabi palsu? Ada juga orang-orang Kristen yang bertanya-tanya bahwa, mengapa para nabi palsu ini dapat memberikan mujizat? dan tidak jarang mereka juga dapat mentobatkan orang, sehingga orang itu menjadi percaya dan datang kepada Yesus? Ada Pendeta yang terkenal akan kecintaannya kepada mamon, namun mengapa jemaatnya bertumbuh subur sampai puluhan ribu orang dan gerejanya sangat sukses?

Sebaiknya kita jangan mempermasalahkan kwalitas hamba Tuhan tersebut, yang harus kita lihat adalah keberhasilannya membawa orang-orang datang kepada Yesus. Mereka bekerja di ladang Tuhan, biarlah Tuhan sendiri yang membuat pekerjaan mereka berhasil atau tidak. Biarlah Tuhan sendiri yang menilai pantas tidaknya hamba Tuhan tersebut dalam melayaniNya. Sebab Tuhan Yesus melarang Paham Sectarianisme, paham-paham yang membenarkan alirannya/ kelompoknya sendiri.

* Markus 9:38-41 Seorang yang bukan murid Yesus mengusir setan
9:38 Kata Yohanes kepada Yesus: "Guru, kami lihat seorang yang bukan pengikut kita mengusir setan demi nama-Mu, lalu kami cegah orang itu, karena ia bukan pengikut kita."
9:39 Tetapi kata Yesus: "Jangan kamu cegah dia! Sebab tidak seorangpun yang telah mengadakan mujizat demi nama-Ku, dapat seketika itu juga mengumpat Aku.
9:40 Barangsiapa tidak melawan kita, ia ada di pihak kita.
9:41 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa memberi kamu minum secangkir air oleh karena kamu adalah pengikut Kristus, ia tidak akan kehilangan upahnya."


---------------------------------------


4. NUBUAT dan WAHYU BARU


Marilah kita pelajari dulu beberapa contoh Nubuat dan Wahyu yang ditulis di Alkitab yang terjadi pada tokoh-tokoh di Alkitab :

* Keluaran 19:9
Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Sesungguhnya Aku akan datang kepadamu dalam awan yang tebal, dengan maksud supaya dapat didengar oleh bangsa itu apabila Aku berbicara dengan engkau, dan juga supaya mereka senantiasa percaya kepadamu." Lalu Musa memberitahukan perkataan bangsa itu kepada TUHAN.

* Kisah Para Rasul 14:3
14:3 Paulus dan Barnabas tinggal beberapa waktu lamanya di situ. Mereka mengajar dengan berani, karena mereka percaya kepada Tuhan. Dan Tuhan menguatkan berita tentang kasih karunia-Nya dengan mengaruniakan kepada mereka kuasa untuk mengadakan tanda-tanda dan mujizat-mujizat

* 2 Korintus 12:12
Segala sesuatu yang membuktikan, bahwa aku adalah seorang rasul, telah dilakukan di tengah-tengah kamu dengan segala kesabaran oleh tanda-tanda, mujizat-mujizat dan kuasa-kuasa.

* Ibrani 2:3,4
2:3 bagaimanakah kita akan luput, jikalau kita menyia-nyiakan keselamatan yang sebesar itu, yang mula-mula diberitakan oleh Tuhan dan oleh mereka yang telah mendengarnya, kepada kita dengan cara yang dapat dipercayai, sedangkan
2:4 Allah meneguhkan kesaksian mereka oleh tanda-tanda dan mujizat-mujizat dan oleh berbagai-bagai penyataan kekuasaan dan karena Roh Kudus, yang dibagi-bagikan-Nya menurut kehendak-Nya.

Nubuat dan Wahyu terjadi kepada umatNya atas kehendak dan otoritas Allah.

Sangat sering sekali kita mendengar ucapan-ucapan dari para tokoh rohani yang mengklaim bahwa pernyataannya itu sebuah “Nubuat”. Adanya pengakuan dari mereka tentang nubuat yang katanya disampaikan dari Roh Kudus kepadanya: "Tuhan berbicara kepadaku." Begitu mudahnya mereka mengklaim ini adalah suara Tuhan.

Dalam menilai Nubuatan dan Wahyu kita harus berdasar kepada Alkitab. Alkitab memiliki tempat yang lebih tinggi daripada Nubuatan/ Wahyu dan Pengelihatan. Sewaktu kita membaca Firman Tuhan, kita harus lebih taat, daripada Tuhan harus mengirimkan wahyu terlebih dahulu, yang hanya memberikan kita ketaatan yang palsu.

Sebuah Wahyu harus bergantung pada kenyataan keberadaan Yesus yang tidak pernah berubah baik kemarin, hari ini dan untuk selama-lamanya

* Ibrani 13:8
Yesus Kristus tetap sama, baik kemarin maupun hari ini dan sampai selama-lamanya.

Sebuah Wahyu harus diperiksa kebenarannya terhadap Alkitab. Alkitablah sebagai satu-satunya standard kebenaran. Oleh karena itu kita harus belajar baik-baik Firman Tuhan, agar kita mengerti dan bisa membedakan apakah suatu nubuatan/ wahyu dan penglihatan itu benar atau tidak benar.

* 1 Yohanes 4:1
Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.

Dengan mengabaikan 1Yoh. 4:1, maka tidak heran jika banyak orang Kristen tidak menguji nubuat dan wahyu baru itu dan menganggap pasti dari Roh Kudus, sehingga pasti tidak mungkin sesat. Maka tidaklah mengherankan jika iblis yang dapat menyamar sebagai malaikat terang dapat dengan mudah menipu banyak orang Kristen semacam ini untuk mempercayai kepada nubuat dan wahyu palsu.

* Yeremia 5:31
Para nabi bernubuat palsu dan para imam mengajar dengan sewenang-wenang, dan umat-Ku menyukai yang demikian! Tetapi apakah yang akan kamu perbuat, apabila datang kesudahannya?

* Yeremia 14:14
Jawab TUHAN kepadaku: "Para nabi itu bernubuat palsu demi nama-Ku! Aku tidak mengutus mereka, tidak memerintahkan mereka dan tidak berfirman kepada mereka. Mereka menubuatkan kepadamu penglihatan bohong, ramalan kosong dan tipu rekaan hatinya sendiri.

* Yeremia 23:25
Aku telah mendengar apa yang dikatakan oleh para nabi, yang bernubuat palsu demi nama-Ku dengan mengatakan: Aku telah bermimpi, aku telah bermimpi!

Kita harus menilai motivasi apakah yang diberikan oleh nubuatan/ wahyu tersebut. Dalam sebuah Wahyu yang berasal dari Tuhan selalu ada maksud dan rencana Tuhan di dalamnya, yang berkaitan dengan pekerjaan Tuhan yang Tuhan mau kita turut terlibat di dalamnya dan sesuai dengan kehendak Tuhan, untuk kemajuan pekerjaan Tuhan itu sendiri.

Nubuat yang datang dari Allah tidak akan meleset, karena Kuasa Allah itu pasti! Adalah kewajiban setiap orang Kristen untuk juga menguji nubuat dan wahyu baru. Hal ini sangat penting untuk kita sadari, sebab banyak orang Kristen yang mengaku menerima nubuat dan wahyu langsung ditelan begitu saja tanpa mengujinya.

Akan tetapi, sangat disayangkan jika Alkitab menyuruh kita menguji tetapi ada banyak orang Kristen malah tidak mau menguji, bahkan ada pendeta yang melarang jemaatnya untuk menguji, sebab ia berpikir bahwa setiap fenomena supranatural dianggap pasti dari Roh Kudus sehingga tidak boleh diuji!

* Ulangan 18:22
"apabila seorang nabi berkata demi nama TUHAN dan perkataannya itu tidak terjadi dan tidak sampai, maka itulah perkataan yang tidak difirmankan TUHAN; dengan terlalu berani nabi itu telah mengatakannya, maka janganlah gentar kepadanya."

Terjemahan versi Bahasa Indonesia Sehari-hari:
"Kalau seorang nabi berbicara atas nama TUHAN, tetapi apa yang dikatakannya itu tidak terjadi, maka ramalan itu bukan dari TUHAN. Nabi itu berbicara atas namanya sendiri dan kamu tak usah takut kepadanya."

Nubuat dan wahyu baru tidak boleh bertentangan dengan Nubuat dan Wahyu yang telah tertulis dalam Alkitab!

* 2 Timotius 3:16
Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.

Jika nubuat dan wahyu baru bertentangan dengan Alkitab, maka nubuat dan wahyu baru itu pasti dari iblis! Allah tidak mungkin bertentangan dengan diri-Nya sendiri. Allah tidak mungkin membatalkan dan melawan hukum yang telah ditetapkan-Nya sendiri

* Mazmur 93:5
Peraturan-Mu sangat teguh; bait-Mu layak kudus, ya TUHAN, untuk sepanjang masa.

* Markus 13:31
Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu.



-------------------------------------------



5. PENGETAHUAN IMAN


Iman timbul karena pendengaran akan Firman Allah. Namun hal ini sering kali berbelok kepada keyakinan kepada nabi-nabi yang mengarah kepada kultus diri. Iman seringkali dianggap sama dengan keyakinan. Iman dianggap suatu faktor yang sangat menentukan kuasa dan keberhasilan dari doa. Dengan iman yang teguh, maka kuasa makin nyata. Dengan iman yang makin mantap, maka Allah mendengar doa dan mau mengabulkan doa kita. Apakah iman itu dapat mengatur tanda-tanda dan mujizat?

Benarkah demikian?
Apakah Allah dapat diatur oleh iman atau Allah yang memberi anugerah iman ?

* Yesaya 40:13-14
40:13 Siapa yang dapat mengatur Roh TUHAN atau memberi petunjuk kepada-Nya sebagai penasihat?
40:14 Kepada siapa TUHAN meminta nasihat untuk mendapat pengertian, dan siapa yang mengajar TUHAN untuk menjalankan keadilan, atau siapa mengajar Dia pengetahuan dan memberi Dia petunjuk supaya Ia bertindak dengan pengertian?

* Roma 12:3
Berdasarkan kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, aku berkata kepada setiap orang di antara kamu: Janganlah kamu memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kamu pikirkan, tetapi hendaklah kamu berpikir begitu rupa, sehingga kamu menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah kepada kamu masing-masing.

Apakah anugerah Allah yang mendahului doa kita dan doa kita yang menyebabkan anugerah itu turun? Apakah arti dari Allah Maha Berdaulat? siapakah yang mengatur dan mengarahkan? Allah mengatur dan mengarahkan manusia atau manusia yang mengarahkan dan mengatur Allah?

Iman yang benar bukanlah iman yang menentukan apa yang harus terjadi, atau iman yang menentukan terkabul tidaknya doa kita.

Iman yang benar adalah sikap yang mempercayakan seluruh hidup termasuk segala sesuatu dibawah otoritas dan kedaulatan Allah.

Tuhan Yesus berdoa dan berkata ; " .... tetapi bukanlah kehendakKu, melainkan kehendakMulah yang terjadi".

Iman yang benar bukanlah iman yang memaksakan kehendak Tuhan, melainkan iman yang mengutamakan kehendak Tuhan diatas segala kehendak kita.

Iman yang benar tidak tergantung dengan perkataan dan perbuatan para nabi, Iman adalah kepercayaan kita terhadap Tuhan dan suatu keyakinan akan kedaulatan Allah.

Untuk keyakinan bahwa kita pasti akan menerima apa yang kita minta :

* Markus 11:24
Karena itu Aku berkata kepadamu: apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu.

Selama itu tidak ada landasan Alkitab, keyakinan itu harus diletakkan dibawah kedaulatan Allah. Namun bila landasan Alkitabnya jelas, misalkan tentang keyakinan akan kesetiaan Allah yang tidak pernah meninggalkan kita, dalam hal itu kita tidak boleh meragukannya sama sekali.

Namun apakah penyertaan Allah itu berarti kita tidak ada penyakit, tidak ada kesusahan, tidak ada kegagalan dan yang lain. Alkitab sama sekali tidak memberikan hal tersebut sebagai patokan atau prinsip yang harus selalu terjadi dalam segala situasi.

Iman berasal dari pendengaran dan pendengaran akan Firman Kristus

* Roma 10:17
Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.

Bila memang benar-benar Kristus yang berfirman, maka kita akan dan harus melakukannya. Iman berarti percaya kepada Firman (janji) Allah serta kesediaan kita untuk mau menerima dan melakukan apa saja yang Tuhan kehendaki tanpa syarat.

Rasul Petrus dapat berjalan diatas air, karena Kristus sendiri yang memerintahkan ia untuk berjalan diatas air. Jadi mana yang lebih dahulu ada? ketetapan Firman Allah dahulu, baru lahir iman, atau iman dahulu, baru lahir ketetapan Allah?

Mana yang lebih dahulu ada, Elia minta hujan, baru Allah mau menurunkan hujan, atau Allah mau menurunkan hujan, baru kemudian memberikan anugerah iman kepada Elia .

* Yakobus 5:17
Elia adalah manusia biasa sama seperti kita, dan ia telah bersungguh-sungguh berdoa, supaya hujan jangan turun, dan hujanpun tidak turun di bumi selama tiga tahun dan enam bulan.

* 1 Raja-raja 18:41,45
18:41 Kemudian berkatalah Elia kepada Ahab: "Pergilah, makanlah dan minumlah, sebab bunyi derau hujan sudah kedengaran."
18:45 Maka dalam sekejap mata langit menjadi kelam oleh awan badai, lalu turunlah hujan yang lebat. Ahab naik kereta lalu pergi ke Yizreel.

* 1 Raja-raja 18:1
Dan sesudah beberapa lama, datanglah firman TUHAN kepada Elia dalam tahun yang ketiga: "Pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada Ahab, sebab Aku hendak memberi hujan ke atas muka bumi."

Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti segala sesuatu yang tidak kita lihat.

* Ibrani 11:1
Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.

Tanpa iman kita tidak punya landasan apa-apa dari semua yang kita harapkan, tanpa iman kita tidak mempunyai bukti apa-apa dari apa yang tidak kita lihat. Melalui iman, kita diselamatkan oleh anugerah (kasih karunia) Allah :

* Efesus 2:8-9
2:8 Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah,
2:9 itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.

Tanpa melalui Iman, anugerah keselamatan yang datang dari Allah tidak sampai (tersalur) dan terwujud dalam hidup kita.

Jadi bagaimana jika kita sakit? bolehkah kita minta sembuh? Jelas boleh! Apakah pasti sembuh? kita tidak tahu pasti! lalu bagaimana sikap yang benar? Allah mengizinkan kita mempunyai harapan, namun tetap harapan kita diletakkan pada otoritas dan kedaulatan kehendak Allah .

* 1 Yohanes 5:14
Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya.

Bila Allah memang ingin kita sembuh, kita pasti sembuh, bila tidak, kita tetap beriman hanya kepada Allah yang hidup :

* Daniel 3:16-18
3:16 Lalu Sadrakh, Mesakh dan Abednego menjawab raja Nebukadnezar: "Tidak ada gunanya kami memberi jawab kepada tuanku dalam hal ini.
3:17 Jika Allah kami yang kami puja sanggup melepaskan kami, maka Ia akan melepaskan kami dari perapian yang menyala-nyala itu, dan dari dalam tanganmu, ya raja;
3:18 tetapi seandainya tidak, hendaklah tuanku mengetahui, ya raja, bahwa kami tidak akan memuja dewa tuanku, dan tidak akan menyembah patung emas yang tuanku dirikan itu."

* Habakuk 3:16-19
3:16 Ketika aku mendengarnya, gemetarlah hatiku, mendengar bunyinya, menggigillah bibirku; tulang-tulangku seakan-akan kemasukan sengal, dan aku gemetar di tempat aku berdiri; namun dengan tenang akan kunantikan hari kesusahan, yang akan mendatangi bangsa yang bergerombolan menyerang kami.
3:17 Sekalipun pohon ara tidak berbunga, pohon anggur tidak berbuah, hasil pohon zaitun mengecewakan, sekalipun ladang-ladang tidak menghasilkan bahan makanan, kambing domba terhalau dari kurungan, dan tidak ada lembu sapi dalam kandang,
3:18 namun aku akan bersorak-sorak di dalam TUHAN, beria-ria di dalam Allah yang menyelamatkan aku.
3:19 ALLAH Tuhanku itu kekuatanku: Ia membuat kakiku seperti kaki rusa, Ia membiarkan aku berjejak di bukit-bukitku. (Untuk pemimpin biduan. Dengan permainan kecapi).

Jadi jelas bukan iman kita yang mengatur Allah, tetapi Allah adalah Allah atas iman kita, lebih dari itu, Allah adalah Allah atas segala sesuatu. Iman yang benar bukanlah iman yang dapat mengatur Allah, iman yang dapat mengatur Allah adalah iman kepada berhala!

* Ibrani 11:1
"Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat".

Iman sanggup melihat ke dalam dunia yang tidak kelihatan. Tidak terlihat bukan berarti hal itu tidak benar-benar ada. Ada, hanya saja kita tidak dapat melihatnya. Iman adalah bahan utama dalam setiap mujizat yang dikerjakan Allah.

Dalam sepanjang pelayanan Yesus, terhadap orang-orang yang sakit dan minta kesembuhan : Jawaban yang kerap terdengar dari mulut Yesus adalah, "Imanmu telah menyembuhkan engkau." Perhatikanlah, Yesus mengatakan, iman merekalah yang menyebabkan terjadinya mujizat itu.

Dalam Roma 12:3 ditegaskan ditegaskan, Allah telah memberikan kepada setiap orang suatu takaran iman. Menjangkau Allah dan menerima sesuatu dari Dia bukanlah hal yang berada di luar batas kemampuan manusia.

* Roma 12:3
Berdasarkan kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, aku berkata kepada setiap orang di antara kamu: Janganlah kamu memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kamu pikirkan, tetapi hendaklah kamu berpikir begitu rupa, sehingga kamu menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah kepada kamu masing-masing.


--------------------------------------------


6. PELAYANAN TUHAN YESUS


Dalam pelayanan yang pernah dilakukan Yesus di dunia ini ; disamping mengajarkan Injil selalu diiringi dengan terjadinya Mujizat, orang buta dicelikkan, orang lumpuh berjalan, orang yang kerasukan dibebaskan, orang mati dibangkitkan, memberi makan 5000 orang dsb. Sehingga banyak orang berbondong-bondong datang ingin tahu siapa Yesus ini. Mereka ingin mengetahui bagaimana Yesus dengan otoritas-Nya mampu menghadirkan mujizat hanya dengan kuasa Firman-Nya. Signs and miracle make people obedient! Ini hal yang tidak dapat disangkal. Sebagian orang-orang yang mengikuti perjalanan Yesus kala itupun adalah karena mengharapkan melihat suatu Mujizat. Wow…… Yesus berkuasa!! Maka aku akan menjadi pengikutNya, maka aku akan mendengar pengajaranNya!, dst.

* Yohanes 4:48
Maka kata Yesus kepadanya: "Jika kamu tidak melihat tanda dan mujizat, kamu tidak percaya."

* Yohanes 6:26
Yesus menjawab mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kamu mencari Aku, bukan karena kamu telah melihat tanda-tanda, melainkan karena kamu telah makan roti itu dan kamu kenyang.

Cara Demikian juga diikuti oleh beberapa penginjil terkemuka, dalam kegiatan mereka menginjil biasanya dalam pertemuan-pertemuan akbar/ Seminar/ KKR. Kegiatan penginjilan mereka ini tidak jarang diikuti dengan terjadinya sebuah tanda-tanda dan mujizat. Misalnya terjadinya sebuah mujizat kesembuhan terhadap orang orang yang sakit. Orang melihat kuasa Allah dan merasakan mujizat, kemudian mereka datang kepada Yesus.

Hal ini bisa menjadikan sesuatu cara yang baik untuk menarik banyak orang datang terutama orang-orang yang sama sekali belum pernah mendengar berita Injil. Maka pengijil-penginjil tersebut memberitahukan kabar keselamatan lebih dahulu dan membuat mereka ini menjadi percaya dengan pengungkapan akan Kuasa Allah. Hal ini baik-baik saja bahkan mungkin merupakan cara yang efektif, asalkan mereka dalam tahap berikutnya, mereka dibawa untuk lebih mengenal ajaran Yesus yang hakiki daripada sekedar melihat atau mengalami sebuah mujizat saja.

Kegiatan-kegiatan tersebut harus ditindak-lanjuti dengan pemuridan terhadap orang-orang yang baru percaya tersebut. Seperti saat panen, begitu banyak tuaian, setelah dituai, tidak bisa tuaian itu ditinggal begitu saja ditengah sawah, angin akan menghempas mereka, burung & tikus akan memakan mereka, air hujan akan membusukkkan mereka.

Maka tentu perlu sebuah LUMBUNG, Gereja lokal berfungsi sebagai lumbung untuk menyimpan mereka menjadi suatu hasil yang sangat berguna. Ambil advantage-nya terhadap kegiatan-kegiatan tersebut. Gereja-gereja akan merawat banyak sekali bayi-bayi rohani, dan diperlukan banyak sekali pekerja yang membawa jemaat baru ini untuk lebih dalam lagi dalam pengenalan akan Kristus. KKR membuahkan New Believers, New Believers perlu wadah, itulah tugas gereja lokal. Ini adalah sebuah panen raya!


-------------------------------------


7. REFERENSI ALKITAB TENTANG KEWASPADAAN
TERHADAP NABI PALSU DAN PENGAJARANNYA




1. MUSUH DIANTARA KITA

Alkitab memberikan banyak peringatan kepada kita akan adanya musuh yang menyamar sebagai malaikat terang.

* 2 Korintus 11:14
Hal itu tidak usah mengherankan, sebab Iblispun menyamar sebagai malaikat Terang.

* Matius 7:15
"Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.

* Matius 10:16
"Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati.

* Lukas 10:3
Pergilah, sesungguhnya Aku mengutus kamu seperti anak domba ke tengah-tengah serigala.

* Ulangan 13:5-8
13:5 Nabi atau pemimpi itu haruslah dihukum mati, karena ia telah mengajak murtad terhadap TUHAN, Allahmu, yang telah membawa kamu keluar dari tanah Mesir dan yang menebus engkau dari rumah perbudakan--dengan maksud untuk menyesatkan engkau dari jalan yang diperintahkan TUHAN, Allahmu, kepadamu untuk dijalani. Demikianlah harus kauhapuskan yang jahat itu dari tengah-tengahmu.
13:6 Apabila saudaramu laki-laki, anak ibumu, atau anakmu laki-laki atau anakmu perempuan atau isterimu sendiri atau sahabat karibmu membujuk engkau diam-diam, katanya: Mari kita berbakti kepada allah lain yang tidak dikenal olehmu ataupun oleh nenek moyangmu,
13:7 salah satu allah bangsa-bangsa sekelilingmu, baik yang dekat kepadamu maupun yang jauh dari padamu, dari ujung bumi ke ujung bumi,
13:8 maka janganlah engkau mengalah kepadanya dan janganlah mendengarkan dia. Janganlah engkau merasa sayang kepadanya, janganlah mengasihani dia dan janganlah menutupi salahnya,


* Yeremia 9:2-6
9:2 Sekiranya di padang gurun aku mempunyai tempat penginapan bagi orang-orang yang sedang dalam perjalanan, maka aku akan meninggalkan bangsaku dan menyingkir dari pada mereka! Sebab mereka sekalian adalah orang-orang berzinah, suatu kumpulan orang-orang yang tidak setia.
9:3 Mereka melenturkan lidahnya seperti busur; dusta dan bukan kebenaran merajalela dalam negeri; sungguh, mereka melangkah dari kejahatan kepada kejahatan, tetapi TUHAN tidaklah mereka kenal.
9:4 Baiklah setiap orang berjaga-jaga terhadap temannya, dan janganlah percaya kepada saudara manapun, sebab setiap saudara adalah penipu ulung, dan setiap teman berjalan kian ke mari sebagai pemfitnah.
9:5 Yang seorang menipu yang lain, dan tidak seorangpun berkata benar; mereka sudah membiasakan lidahnya untuk berkata dusta; mereka melakukan kesalahan dan malas untuk bertobat.
9:6 Penindasan ditimbuni penindasan, tipu ditimbuni tipu! Mereka enggan mengenal TUHAN

* Yeremia 23:33-36
23:33 Apabila bangsa ini--baik nabi ataupun imam--bertanya kepadamu: Apakah Sabda yang dibebankan oleh TUHAN?, maka jawablah mereka: Kamulah beban itu! Sebab itu kamu akan Kubuang dari hadapan-Ku, demikianlah firman TUHAN.
23:34 Adapun nabi atau imam atau rakyat yang masih berbicara tentang Sabda yang dibebankan oleh TUHAN, kepada orang itu dan kepada keluarganya akan Kulakukan pembalasan.
23:35 Beginilah harus kamu katakan, masing-masing kepada temannya dan masing-masing kepada saudaranya: Apakah jawab TUHAN? atau: Apakah firman TUHAN?
23:36 Tetapi Sabda yang dibebankan oleh TUHAN janganlah kamu sebut-sebutkan lagi, sebab yang menjadi beban bagi setiap orang ialah perkataannya sendiri, oleh karena kamu telah memutarbalikkan perkataan-perkataan Allah yang hidup, TUHAN semesta alam, Allah kita.


2. NABI PALSU DAN PENGIKUTNYA MENYANGKALI KEBENARAN

* Nehemia 9:26
9:26 Tetapi mereka mendurhaka dan memberontak terhadap-Mu. Mereka membelakangi hukum-Mu dan membunuh nabi-nabi-Mu yang memperingatkan mereka dengan maksud membuat mereka berbalik kepada-Mu. Mereka berbuat nista yang besar.

* Yesaya 30:9-11,15
30:9 Sebab mereka itu suatu bangsa pemberontak, anak-anak yang suka bohong anak-anak yang enggan mendengar akan pengajaran TUHAN;
30:10 yang mengatakan kepada para tukang tilik: "Jangan menilik," dan kepada para pelihat: "Janganlah lihat bagi kami hal-hal yang benar, tetapi katakanlah kepada kami hal-hal yang manis, lihatlah bagi kami hal-hal yang semu,
30:11 menyisihlah dari jalan dan ambillah jalan lain, janganlah susahi kami dengan Yang Mahakudus, Allah Israel."
30:15 Sebab beginilah firman Tuhan ALLAH, Yang Mahakudus, Allah Israel: "Dengan bertobat dan tinggal diam kamu akan diselamatkan, dalam tinggal tenang dan percaya terletak kekuatanmu." Tetapi kamu enggan,


3. PERKATAAN PARA NABI PALSU : “DAMAI, DAMAI” TETAPI TANPA PERTOBATAN

* Yeremia 5:11-13
5:11 Sebab kaum Israel dan kaum Yehuda telah sungguh-sungguh berlaku tidak setia terhadap Aku, demikianlah firman TUHAN.
5:12 Mereka memungkiri TUHAN dan berkata: "Dia tidak berbuat apa-apa! Malapetaka tidak akan menimpa kita, perang dan kelaparan tidak akan kita alami.
5:13 Para nabi akan menjadi angin, firman TUHAN tidak ada pada mereka."

* Yehezkiel 13:7
13:7 Bukankah penglihatan tipuan yang kamu lihat dan tenungan bohong yang kamu katakan, kalau kamu berkata: Demikianlah firman TUHAN, padahal Aku tidak berbicara?

* Ulangan 29:19
29:19 Tetapi apabila seseorang pada waktu mendengar perkataan sumpah serapah ini menyangka dirinya tetap diberkati, dengan berkata: Aku akan selamat, walaupun aku berlaku degil--dengan demikian dilenyapkannya baik tanah yang kegenangan maupun yang kekeringan—

* Yeremia 23:16-18
23:16 Beginilah firman TUHAN semesta alam: "Janganlah dengarkan perkataan para nabi yang bernubuat kepada kamu! Mereka hanya memberi harapan yang sia-sia kepadamu, dan hanya mengungkapkan penglihatan rekaan hatinya sendiri, bukan apa yang datang dari mulut TUHAN;
23:17 mereka selalu berkata kepada orang-orang yang menista firman TUHAN: Kamu akan selamat! dan kepada setiap orang yang mengikuti kedegilan hatinya mereka berkata: Malapetaka tidak akan menimpa kamu!"
23:18 Sebab siapakah yang hadir dalam dewan musyawarah TUHAN, sehingga ia memperhatikan dan mendengar firman-Nya? Siapakah yang memperhatikan firman-Nya dan mendengarnya?

* Yeremia 23:21-22
23:21 "Aku tidak mengutus para nabi itu, namun mereka giat; Aku tidak berfirman kepada mereka, namun mereka bernubuat.
23:22 Sekiranya mereka hadir dalam dewan musyawarah-Ku, niscayalah mereka akan mengabarkan firman-Ku kepada umat-Ku, membawa mereka kembali dari tingkah langkahnya yang jahat dan dari perbuatan-perbuatannya yang jahat.

* Yeremia 8:6-9
8:6 Aku telah memperhatikan dan mendengarkan: mereka tidak berkata dengan jujur! Tidak ada yang menyesal karena kejahatannya dengan mengatakan: Apakah yang telah kulakukan ini! Sambil berlari semua mereka berpaling, seperti kuda yang menceburkan diri ke dalam pertempuran.
8:7 Bahkan burung ranggung di udara mengetahui musimnya, burung tekukur, burung layang-layang dan burung bangau berpegang pada waktu kembalinya, tetapi umat-Ku tidak mengetahui hukum TUHAN.
8:8 Bagaimanakah kamu berani berkata: Kami bijaksana, dan kami mempunyai Taurat TUHAN? Sesungguhnya, pena palsu penyurat sudah membuatnya menjadi bohong.
8:9 Orang-orang bijaksana akan menjadi malu, akan terkejut dan tertangkap. Sesungguhnya, mereka telah menolak firman TUHAN, maka kebijaksanaan apakah yang masih ada pada mereka?

* Ratapan 2:14
2:14 Nabi-nabimu melihat bagimu penglihatan yang dusta dan hampa. Mereka tidak menyatakan kesalahanmu, guna memulihkan engkau kembali. Mereka mengeluarkan bagimu ramalan-ramalan yang dusta dan menyesatkan.

* Lukas 6:26
Celakalah kamu, jika semua orang memuji kamu; karena secara demikian juga nenek moyang mereka telah memperlakukan nabi-nabi palsu."

* Yeremia 14:14
Jawab TUHAN kepadaku: "Para nabi itu bernubuat palsu demi nama-Ku! Aku tidak mengutus mereka, tidak memerintahkan mereka dan tidak berfirman kepada mereka. Mereka menubuatkan kepadamu penglihatan bohong, ramalan kosong dan tipu rekaan hatinya sendiri.

* Yeremia 28:8-9
28:8 Nabi-nabi yang ada sebelum aku dan sebelum engkau dari dahulu kala telah bernubuat kepada banyak negeri dan terhadap kerajaan-kerajaan yang besar tentang perang dan malapetaka dan penyakit sampar.
28:9 Tetapi mengenai seorang nabi yang bernubuat tentang damai sejahtera, jika nubuat nabi itu digenapi, maka barulah ketahuan, bahwa nabi itu benar-benar diutus oleh TUHAN."

* Mikha 2:11
Seandainya seseorang datang mereka-reka yang hampa dan dusta: "Aku bernubuat kepadamu tentang anggur dan arak," maka dialah yang patut menjadi orang yang bernubuat terhadap bangsa ini!


4. NABI-NABI YANG HANYA MENCARI KEUNTUNGAN MATERI

* Mikha 3:5
3:5 Beginilah firman TUHAN terhadap para nabi, yang menyesatkan bangsaku, yang apabila mereka mendapat sesuatu untuk dikunyah, maka mereka menyerukan damai, tetapi terhadap orang yang tidak memberi sesuatu ke dalam mulut mereka, maka mereka menyatakan perang.

* Yeremia 8:10-12
8:10 Sebab itu Aku akan memberikan isteri-isteri mereka kepada orang lain, ladang-ladang mereka kepada penjajah. Sesungguhnya, dari yang kecil sampai yang besar, semuanya mengejar untung; baik nabi maupun imam, semuanya melakukan tipu.
8:11 Mereka mengobati luka puteri umat-Ku dengan memandangnya ringan, katanya: Damai sejahtera! Damai sejahtera!, tetapi tidak ada damai sejahtera.
8:12 Seharusnya mereka merasa malu, sebab mereka melakukan kejijikan; tetapi mereka sama sekali tidak merasa malu dan tidak kenal noda mereka. Sebab itu mereka akan rebah di antara orang-orang yang rebah, mereka akan tersandung jatuh pada waktu mereka dihukum, firman TUHAN.

* Efesus 5:6
5:6 Janganlah kamu disesatkan orang dengan kata-kata yang hampa, karena hal-hal yang demikian mendatangkan murka Allah atas orang-orang durhaka.

* Yohanes 10:12
10:12 sedangkan seorang upahan yang bukan gembala, dan yang bukan pemilik domba-domba itu sendiri, ketika melihat serigala datang, meninggalkan domba-domba itu lalu lari, sehingga serigala itu menerkam dan mencerai-beraikan domba-domba itu.

* Yehezkiel 13:1-16
13:1 Kemudian datanglah firman TUHAN kepadaku:
13:2 "Hai anak manusia, bernubuatlah melawan nabi-nabi Israel, bernubuatlah dan katakanlah kepada mereka yang bernubuat sesuka hatinya saja: Dengarlah firman TUHAN!
13:3 Beginilah firman Tuhan ALLAH: Celakalah nabi-nabi yang bebal yang mengikuti bisikan hatinya sendiri dan yang tidak melihat sesuatu penglihatan.
13:4 Seperti anjing hutan di tengah-tengah reruntuhan, begitulah nabi-nabimu, hai Israel!
13:5 Kamu tidak mempertahankan lobang-lobang pada tembokmu dan tidak mendirikan tembok sekeliling rumah Israel, supaya mereka dapat tetap berdiri di dalam peperangan pada hari TUHAN.
13:6 Penglihatan mereka menipu dan tenungan mereka adalah bohong; mereka berkata: Demikianlah firman TUHAN, padahal TUHAN tidak mengutus mereka, dan mereka menanti firman itu digenapi-Nya.
13:7 Bukankah penglihatan tipuan yang kamu lihat dan tenungan bohong yang kamu katakan, kalau kamu berkata: Demikianlah firman TUHAN, padahal Aku tidak berbicara?
13:8 Sebab itu, beginilah firman Tuhan ALLAH, oleh karena kamu mengatakan kata-kata dusta dan melihat perkara-perkara bohong, maka Aku akan menjadi lawanmu, demikianlah firman Tuhan ALLAH.
13:9 Aku akan mengacungkan tangan-Ku melawan nabi-nabi yang melihat perkara-perkara yang menipu dan yang mengucapkan tenungan-tenungan bohong; mereka tidak termasuk perkumpulan umat-Ku dan tidak akan tercatat dalam daftar kaum Israel, dan tidak akan masuk lagi di tanah Israel; dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah Tuhan ALLAH.
13:10 Oleh karena, ya sungguh karena mereka menyesatkan umat-Ku dengan mengatakan: Damai sejahtera!, padahal sama sekali tidak ada damai sejahtera--mereka itu mendirikan tembok dan lihat, mereka mengapurnya--
13:11 katakanlah kepada mereka yang mengapur tembok itu: Hujan lebat akan membanjir, rambun akan jatuh dan angin tofan akan bertiup!
13:12 Kalau tembok itu sudah runtuh, apakah orang tidak akan berkata kepadamu: Di mana sekarang kapur, yang kamu oleskan itu?
13:13 Oleh sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH: Di dalam amarah-Ku Aku akan membuat angin tofan bertiup dan di dalam murka-Ku hujan lebat akan membanjir, dan di dalam amarah-Ku rambun yang membinasakan akan jatuh.
13:14 Dan Aku akan meruntuhkan tembok yang kamu kapur itu dan merobohkannya ke tanah, supaya dasarnya menjadi kelihatan; tembok kota itu akan runtuh dan kamu akan tewas di dalamnya. Dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN.
13:15 Begitulah Aku akan melampiaskan amarah-Ku atas tembok itu dan kepada mereka yang mengapurnya dan Aku akan berkata kepadamu: Lenyap temboknya dan lenyap orang-orang yang mengapurnya,
13:16 yaitu nabi-nabi Israel yang bernubuat tentang Yerusalem dan melihat baginya suatu penglihatan mengenai damai sejahtera, padahal sama sekali tidak ada damai sejahtera, demikianlah firman Tuhan ALLAH."

* Yeremia 23:30-32
23:30 Sebab itu, sesungguhnya, Aku akan menjadi lawan para nabi, demikianlah firman TUHAN, yang mencuri firman-Ku masing-masing dari temannya.
23:31 Sesungguhnya, Aku akan menjadi lawan para nabi, demikianlah firman TUHAN, yang memakai lidahnya sewenang-wenang untuk mengutarakan firman ilahi.
23:32 Sesungguhnya, Aku akan menjadi lawan mereka yang menubuatkan mimpi-mimpi dusta, demikianlah firman TUHAN, dan yang menceritakannya serta menyesatkan umat-Ku dengan dustanya dan dengan bualnya. Aku ini tidak pernah mengutus mereka dan tidak pernah memerintahkan mereka. Mereka sama sekali tiada berguna untuk bangsa ini, demikianlah firman TUHAN.


5. DALAM KEPUNGAN SERIGALA

* Matius 7:15,20-23
7:15 "Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.
7:20 Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka.
7:21 Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.
7:22 Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?
7:23 Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"

* Yesaya 56:10-11
56:10 Sebab pengawal-pengawal umat-Ku adalah orang-orang buta, mereka semua tidak tahu apa-apa; mereka semua adalah anjing-anjing bisu, tidak tahu menyalak; mereka berbaring melamun dan suka tidur saja;
56:11 anjing-anjing pelahap, yang tidak tahu kenyang. Dan orang-orang itulah gembala-gembala, yang tidak dapat mengerti! Mereka semua mengambil jalannya sendiri, masing-masing mengejar laba, tiada yang terkecuali.

* 2 Korintus 11:19-20
11:19 Sebab kamu suka sabar terhadap orang bodoh, karena kamu begitu bijaksana:
11:20 karena kamu sabar, jika orang memperhambakan kamu, jika orang menghisap kamu, jika orang menguasai kamu, jika orang berlaku angkuh terhadap kamu, jika orang menampar kamu.

* Yehezkiel 13:17-19,22
13:17 "Engkau anak manusia, tujukanlah mukamu kepada kaum perempuan bangsamu yang bernubuat sesuka hatinya saja dan bernubuatlah melawan mereka.
13:18 Katakanlah: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Celakalah dukun-dukun perempuan, yang mengikatkan tali-tali azimat pada semua pergelangan dan mengenakan selubung pada kepala semua orang, tua atau muda, untuk menangkap jiwa orang. Apakah kamu hendak menangkap jiwa orang yang termasuk umat-Ku dan membiarkan orang-orang lain hidup untuk kepentinganmu?
13:19 Kamu melanggar kekudusan-Ku di tengah-tengah umat-Ku hanya demi beberapa genggam jelai dan beberapa potong roti, dengan membunuh orang-orang yang tidak patut mati, dan membiarkan hidup orang-orang yang tidak patut hidup, dalam hal kamu berbohong kepada umat-Ku yang sedia mendengar bohong.
13:22 Oleh karena kamu melemahkan hati orang benar dengan dusta, sedang Aku tidak mendukakan hatinya, dan sebaliknya kamu mengeraskan hati orang fasik, sehingga ia tidak bertobat dari kelakuannya yang fasik itu, dan kamu membiarkan dia hidup.



6. LEPAS DARI CENGKERAMAN IBLIS


* Yeremia 23:14-15
23:14 Tetapi di kalangan para nabi Yerusalem Aku melihat ada yang mengerikan: mereka berzinah dan berkelakuan tidak jujur; mereka menguatkan hati orang-orang yang berbuat jahat, sehingga tidak ada seorangpun yang bertobat dari kejahatannya; semuanya mereka telah menjadi seperti Sodom bagi-Ku dan penduduknya seperti Gomora."
23:15 Sebab itu beginilah firman TUHAN semesta alam mengenai para nabi itu: "Sesungguhnya, Aku akan memberi mereka makan ipuh dan minum racun, sebab dari para nabi Yerusalem telah meluas kefasikan ke seluruh negeri."

* 2 Korintus 11:13-15
11:13 Sebab orang-orang itu adalah rasul-rasul palsu, pekerja-pekerja curang, yang menyamar sebagai rasul-rasul Kristus.
11:14 Hal itu tidak usah mengherankan, sebab Iblispun menyamar sebagai malaikat Terang.
11:15 Jadi bukanlah suatu hal yang ganjil, jika pelayan-pelayannya menyamar sebagai pelayan-pelayan kebenaran. Kesudahan mereka akan setimpal dengan perbuatan mereka.

* 1 Timotius 4:1-2
4:1 Tetapi Roh dengan tegas mengatakan bahwa di waktu-waktu kemudian, ada orang yang akan murtad lalu mengikuti roh-roh penyesat dan ajaran setan-setan
4:2 oleh tipu daya pendusta-pendusta yang hati nuraninya memakai cap mereka.


7. KEARIFAN / HAL MEMAHAMI:

* Yeremia 23:25-27
23:25 Aku telah mendengar apa yang dikatakan oleh para nabi, yang bernubuat palsu demi nama-Ku dengan mengatakan: Aku telah bermimpi, aku telah bermimpi!
23:26 Sampai bilamana hal itu ada dalam hati para nabi yang bernubuat palsu dan yang menubuatkan tipu rekaan hatinya sendiri,
23:27 yang merancang membuat umat-Ku melupakan nama-Ku dengan mimpi-mimpinya yang mereka ceritakan seorang kepada seorang, sama seperti nenek moyang mereka melupakan nama-Ku oleh karena Baal?

* 2 Petrus 2:1
2:1 Sebagaimana nabi-nabi palsu dahulu tampil di tengah-tengah umat Allah, demikian pula di antara kamu akan ada guru-guru palsu. Mereka akan memasukkan pengajaran-pengajaran sesat yang membinasakan, bahkan mereka akan menyangkal Penguasa yang telah menebus mereka dan dengan jalan demikian segera mendatangkan kebinasaan atas diri mereka.

* Kolose 2:18-19
2:18 Janganlah kamu biarkan kemenanganmu digagalkan oleh orang yang pura-pura merendahkan diri dan beribadah kepada malaikat, serta berkanjang pada penglihatan-penglihatan dan tanpa alasan membesar-besarkan diri oleh pikirannya yang duniawi,
2:19 sedang ia tidak berpegang teguh kepada Kepala, dari mana seluruh tubuh, yang ditunjang dan diikat menjadi satu oleh urat-urat dan sendi-sendi, menerima pertumbuhan ilahinya

* Efesus 4:14-15
4:14 sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan,
4:15 tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah Kepala.

* 1 Yohanes 2:20-26
2:20 Tetapi kamu telah beroleh pengurapan dari Yang Kudus, dan dengan demikian kamu semua mengetahuinya.
2:21 Aku menulis kepadamu, bukan karena kamu tidak mengetahui kebenaran, tetapi justru karena kamu mengetahuinya dan karena kamu juga mengetahui, bahwa tidak ada dusta yang berasal dari kebenaran.
2:22 Siapakah pendusta itu? Bukankah dia yang menyangkal bahwa Yesus adalah Kristus? Dia itu adalah antikristus, yaitu dia yang menyangkal baik Bapa maupun Anak.
2:23 Sebab barangsiapa menyangkal Anak, ia juga tidak memiliki Bapa. Barangsiapa mengaku Anak, ia juga memiliki Bapa.
2:24 Dan kamu, apa yang telah kamu dengar dari mulanya, itu harus tetap tinggal di dalam kamu. Jika apa yang telah kamu dengar dari mulanya itu tetap tinggal di dalam kamu, maka kamu akan tetap tinggal di dalam Anak dan di dalam Bapa.
2:25 Dan inilah janji yang telah dijanjikan-Nya sendiri kepada kita, yaitu hidup yang kekal.
2:26 Semua itu kutulis kepadamu, yaitu mengenai orang-orang yang berusaha menyesatkan kamu.

* Kisah Para Rasul 20:29-31
20:29 Aku tahu, bahwa sesudah aku pergi, serigala-serigala yang ganas akan masuk ke tengah-tengah kamu dan tidak akan menyayangkan kawanan itu.
20:30 Bahkan dari antara kamu sendiri akan muncul beberapa orang, yang dengan ajaran palsu mereka berusaha menarik murid-murid dari jalan yang benar dan supaya mengikut mereka.
20:31 Sebab itu berjaga-jagalah dan ingatlah, bahwa aku tiga tahun lamanya, siang malam, dengan tiada berhenti-hentinya menasihati kamu masing-masing dengan mencucurkan air mata.

* Matius 10:16-17
10:16 "Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati.
10:17 Tetapi waspadalah terhadap semua orang; karena ada yang akan menyerahkan kamu kepada majelis agama dan mereka akan menyesah kamu di rumah ibadatnya.

* Lukas 10:3
10:3 Pergilah, sesungguhnya Aku mengutus kamu seperti anak domba ke tengah-tengah serigala.

* Matius 24:25
24:25 Camkanlah, Aku sudah mengatakannya terlebih dahulu kepadamu.


Ada banyak tokoh-tokoh rohani atau hamba Tuhan masa kini yang sangat berhasil sepertinya mereka sedang menggeser posisi Kristus. Mereka begitu senang dipuji, diperhatikan, disanjung dan ditinggikan, seharusnya mereka berada pada posisi sama dengan jemaat Tuhan, tapi kemudian ia melompat ketengah-tengah perhimpunan dan menggeser posisi Anak Domba dan mereka menerima segalanya, maka dia kemudian menjadi tokoh idola, ini banyak kali terjadi. Jika kita berbicara tentang idola, kita sedang berbicara mengenai sesuatu yang Allah tidak suka, suatu berhala. Orang benar akan hidup oleh iman, jadikan Yesus sebagai pusat, bukan figur manusia.


-----------------------------------------------


8. BERGAUL ERAT DENGAN ALLAH


Pengalaman dengan Allah Yang Sejati tidak sama dengan pengalaman yang Mengesankan Dengan "hal-hal yang Supranatural" atau suatu pengalaman yang hanya bersumber dari tanda-tanda dan mujizat.

Kesalahan dari umat Kristen dalam usaha membuktikan keotentikan pengalaman mereka dengan Allah adalah keterlibatannya dengan pengalaman-pengalaman supranatural (miracles, keajaiban-keajaiban). Memang Alkitab mencatat tentang peristiwa-peristiwa keajaiban yang dilakukan baik oleh nabi-nabi, rasul-rasul bahkan Tuhan Yesus sendiri. Oleh sebab itu hal benar tidaknya "keajaiban dapat terjadi dalam hidup manusia" tidak perlu dipertanyakan lagi. Yang perlu dipertanyakan adalah "apa maksud Allah dan sampai di mana kepentingan dari pengalaman tersebut" dalam konteks keselamatan?

Keajaiban hanyalah sarana yang dipakai Allah untuk "menuntun" manusia kepada "iman". Iman yang sejati tak pernah dapat dibangun di atas landasan "pengalaman terhadap keajaiban-keajaiban ilahi". Dan Iman yang sejati hanya dapat dibangun di atas landasan firman Tuhan (Alkitab).

Harus dipahami bahwa pengalaman dengan Allah Yang Sejati adalah pengalaman dengan kuasa pembebasan dari dosa. Tak seorangpun yang dapat membuktikan bahwa pengalaman mereka adalah pengalaman "yang otentik" dengan Allah yang sejati, kecuali mereka mengalami tanda-tanda dari "kuasa pembebasan dari dosa".

Banyak orang Kristen yang secara rasionil "sudah mengenal" kebenaran-kebenaran firman Tuhan. Bahkan banyak di antara mereka yang sudah dapat mengembangkan konsep pemikiran teologi yang betul-betul dilandaskan atas kebenaran-kebenaran firman Allah (Alkitab). Tetapi tanpa mereka mengupayakan untuk mendapat tanda-tanda dan mujizat.

Orang Kristen yang mengenal Allah adalah orang Kristen yang mengalami kebenaran firman yang membebaskan.

Tuhan Yesus berkata dalam Yohanes 8:31-32, :
"Jikalau kamu tetap di dalam firman-Ku, kamu benar-benar murid-Ku, dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu"

Maka cintailah Sang Pembuat mujizat itu, Allah Maha Besar!!!

Dikutip dari sumbernya: Sarapanpagi.org

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan menuliskan komentar Anda. Kami akan segera menanggapinya. Terimakasih, Tuhan memberkati.