googleb2757ebb443295f5 Masa Depan Cerah: Lanjutkan Pekerjaanmu (Lukas 19:11-27)

Jumat, 18 Mei 2012

Lanjutkan Pekerjaanmu (Lukas 19:11-27)

Surat Pastoral Minggu 20 Mei 2012.

Saat ini orang yang setia melayani Tuhan tinggal sedikit. Banyak yang terjebak dengan motivasi mencari keuntungan, tidak sedikit yang mengaku pelayan Tuhan berubah menjadi pekerja yang mencari keuntungan. Banyak yang mengaku hamba Tuhan, justru memperlakukan Tuhan sebagai hambanya. Fenomena ini semakin menggejala, karena semakin banyak pelayan Tuhan yang dilayani daripada melayani jiwa-jiwa baru, apalagi harus rela berkorban, malahan menjadikan orang lain korban dari kepentingannya.

Seorang pelayan melayani orang lain tanpa menuntut imbalan atau mengharapkan materi. Seorang hamba menyerahkan dirinya penuh kepada seseorang, melepas haknya demi tuannya, tidak menipu atau mencari keuntungan dari tuannya. Sedangkan seorang pekerja adalah seorang penjual jasa yang bekerja bila ada upah, ada bonus, suka menerima daripada memberi.

Adalah seorang bangsawan berangkat ke sebuah negeri yang jauh untuk dinobatkan menjadi raja dan setelah itu akan kembali. Ia memanggil sepuluh hambanya dan memberikan mereka masing-masing sekeping uang dan berkata: "Pakailah ini untuk berdagang sampai aku kembali". Demikian tatkala ia kembali kelak, para hambanya harus melaporkan apa yang telah mereka lakukan dengan uang tersebut.

Tiga hari yang lalu, pada saat kita memperingati kenaikan-Nya, Yesus juga berangkat ke
sebuah negeri yang jauh (19:12). Ia akan kembali sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dulu, dengan cara yang sama, datang sebagai Raja penuh kuasa untuk menghakimi semua manusia baik yang mati maupun yang hidup. Tetapi sampai saatnya itu tiba, tugas kita sebagai umat, pelayan dan hambaNya adalah hidup berjaga-jaga, menyucikan diri, dengan hati nurani yang murni menggunakan talenta dan kesempatan yang diberikan Tuhan sebaik mungkin untuk melayani-Nya. Kuasa Roh Kudus yang tinggal dan diam di dalam kita akan menyertai dan memimpin pola hidup kita. Kita diminta selalu bersiap sedia apabila harus menghadapi aniaya karena iman kepada Yesus Kristus.

Ingat janji kembalinya Sang Juru Selamat, Dia datang segera dan membawa upahNya untuk membalaskan kepada setiap orang menurut perbuatannya. Sebab itu marilah kita mempererat persatuan dan menjauhkan hati dari iri dan kebencian terhadap sesama saudara seiman. Marilah kita membangun jemaat, meningkatkan persekutuan, rajin beribadah dan tetaplah berada ditempat tugasmu masing-masing dan melanjutkan pekerjaanmu.


Oleh: Ir. Lilik Logari

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan menuliskan komentar Anda. Kami akan segera menanggapinya. Terimakasih, Tuhan memberkati.