googleb2757ebb443295f5 Masa Depan Cerah: Lebih Dari 40 Cara Menghentikan Ancaman Tembakau

Selasa, 29 Mei 2012

Lebih Dari 40 Cara Menghentikan Ancaman Tembakau

J. Wayne McFarland, M.D., pengembang metode Rencana Lima Hari Berhenti Merokok, berkata: “Cara terbaik untuk berhenti merokok adalah berhenti sama sekali saat ini juga—tidak menyentuhnya sama sekali. Alasannya: lebih baik mengalami beberapa hari yang sulit dan melaluinya daripada berlarut-larut berminggu-minggu dan berbulan-bulan. Siksaan pelan-pelan tidaklah menyenangkan. Anda dapat membersihkan barang ini dan melakukannya secara lebih mudah daripada yang anda bayangkan. Tujuan kami adalah membantu anda mengalahkan keinginan ini sesegera mungkin, sesungguhnya hanya lima hari saja.

“Setelah berhenti, bagian tersulit adalah tiga hari pertama, namun dengan berlalu lima hari, sebagian besar orang menyadari keinginan mereka semakin berkurang atau hilang. Tetaplah bertahan selama 10 hari, dan anda akan berhasil.

“Katakan kepada diri sendiri, saya memilih untuk tidak merokok. Ulangilah keputusan ini sepanjang hari dari pagi membuka mata hingga menguap terakhir di malam hari. Sementara anda mengulanginya, yakinlah anda memang bersungguh-sungguh! Dalam mengulangi keputusan, saya memilih untuk tidak merokok, banyak orang mendapati di dalam diri mereka sendiri suatu pertahanan positif yang semakin bertumbuh melawan keinginan fisik terhadap tembakau.”

Dr. McFarland adalah salah satu ahli terkemuka di negeri ini yang menolong pria dan wanita menghentikan pemakaian tembakau secara sukses. Ribuan program Rencana Lima Hari telah diadakan di Amerika bagian Utara, dan di luar negeri. Ulangilah perkataan di atas sementara anda melalui hari-hari tanpa rokok dari pagi hingga malam hari.


Ingatlah:

1. Anda mengetahui permasalahannya, bagi anda dan orang-orang terkasih anda.

2. Anda telah membuat keputusan pribadi untuk berhenti.

3. Anda membuat daftar alasan mengapa anda berhenti.

4. Anda akan terus memikirkan permasalahannya, keputusan, dan daftar di hari-hari ke depan. Inilah yang mengisi pikiran anda selama 10 hari pertama.

5. Belajar bergantung pada doa. Hanya Tuhanlah yang dpat memberikan pertolongan yang anda butuhkan. Kata orang tidak ada seorang ateis di lubang serigala, setiap orang di dalamnya berdoa, karena hidup mereka sangat serius. Anda memerlukan Tuhan dalam krisis kehidupan, dan anda memerlukan Dia sepanjang hidup anda. Dan sekarang yakinlah anda sekarang membutuhkan Dia juga.

6. Jikalau anda mampu, carilah seorang teman berdoa yang memperhatikan untuk mendoakan anda; seseorang sahabat sejati bukan seorang pengeritik.

7. Teleponlah teman anda dan berbicaralah dengan dia ketika saat-saat sulit. Sahabat di kala susah adalah salah satu cara dalam Rencana Lima Hari bagi perokok. Cara ini juga membantu, meskipun bukan Rencana Lima Hari yang anda lakukan.

8. Peganglah janji-janji Kitab Suci, tuliskan dalam kartu atau sepotong kertas. Yakinlah bahwa janji-janji ini ditulis untuk anda dan kebutuhan anda sekarang ini. Ulangilah berkali-kali.

9. Buanglah semua produk tembakau anda.bukan saja yang berhubungan dengan tembakau melainkan juga bahan-bahan yang menggoda, sehingga anda semakin kuat dengan keputusan anda.

10. Menjauhlah dari perokok sebisa mungkin selama beberapa minggu ke depan.

11. Manjakanlah diri dengan sedikit kenyamanan: mandi air hangat 2-3 kali sehari selama 15-20 menit setiap kali. Bersantai dan nikmatilah. Dan jikalau anda merasa tidak dapat menahan keinginan merokok, masuklah kembali ke dalam bak mandi. Sulit merokok di dalam pancuran air. Secara medis diketahui bahwa sebagian ketagihan atau kecanduan yang anda alami selama berhenti merokok disebabkan oleh nikotin di dalam tubuh anda. Diketahui bahwa semakin cepat nikotin keluar dari tubuh anda, semakin cepat kecanduan itu berhenti. Mandi air hangat sesering mungkin menolong mengeluarkan nikotin melalui kulit (mandi uap bahkan mengeluarkan cairan kuning ini secara lebih cepat).
Sebagian orang yang menghentikan tembakau mengatakan mereka berkeringat lebih banyak daripada biasanya pada malam hari—dan keringat mereka berwarna kuning pada seprei mereka. Inilah nikotin yang dikeluarkan. Mandi air hangat adalah sahabat pada saat seperti ini: lakukanlah itu. Dua hal yang dilakukan adalah: santailah dari ketegangan dan ini membantu nikotin keluar dari dalam tubuh.

12. Setelah mandi, lakukan “cold mitten friction” (gosokan kain handuk dingin). Beginilah cara melakukannya seperti dikatakan oleh Dr. McFarland: “Ini akan membantu syaraf-syaraf yang terganggu, meningkatkan sirkulasi, dan membuat anda merasakan sejuta rasa! Beginilah caranya. Pertama, bangunlah di pagi hari beberapa menit lebih cepat daripada biasanya. Kedua, di dalam ruang kamar mandi yang hangat, isilah bak dengan air sejuk. Ketiga, celupkan handuk kecil ke dalam air, kemudian peraslah hingga tidak menetes. Keempat, usapkan hingga kulit lengan anda mulai bercahaya.
“Teruslah gosokkan hingga warna kulit kemerahan yang diinginkan muncul, yang menandakan peningkatan aliran darah bagian permukaan. Sebagian orang memerlukan gosokan yang lebih banyak sebelum warna kulit mereka kemerahan, yang sering menunjukkan bahwa pembuluh darah permukaan mereka agak lambat melebar. Namun gosokan handuk keesokan paginya biasanya menyebabkan pembuluh darah permukaan mengembang lebih cepat.
“Gunakan air yang lebih dingin setiap pagi berikutnya untuk mencapai efek tonik yang lebih besar. Namun jangan berusaha untuk menggosok seluruh tubuh dengan gosokan handuk dingin pada pagi hari pertama. Pada pagi kedua lengan kedua dapat ditambahkan untuk digosok. Pada hari ketiga, urutannya dapat dilakukan sebagai berikut: lengan kiri, lengan kanan, dada. Pada hari keempat, tambahkan kaki, sehingga seluruh tubuh dapat digosok dengan handuk dingin. Beberapa orang yang lebih kuat tubuhnya menggunakan es batu sebagai campuran air gosokan. Gosokan handuk dingin dengan kuat, akan membuat anda merasa lebih terjaga dan menstimulasi tanpa memicu kecanduan rokok lagi,” .”—J. Wayne McFarland, “How to Stop Smoking,” hlm. 4.
Ketika seseorang menghentikan nikotin, diikuti dengan ketegangan dan lemas. Mandi membantu santai dan meredakan ketegangan dan gosokan handuk dingin secara cepat akan melawan perasaan lemas dengan rasa segar.

13. Setiap kali anda merasakan keinginan kuat untuk minum alkohol atau merokok, mulailah menarik nafas dalam-dalam. Lakukan dengan cara berikut: perlahan hirup udara sebanyak mungkin dan kemudian lepaskan perlahan. Ulangilah keputusan anda: Saya memilih untuk tidak minum, saya memilih untuk tidak merokok.” Diam-diam, mintalah Tuhan untuk menolong anda dengan keputusan baru ini, dan bersungguh-sungguhlah. Anda belajar percaya kepada Tuhan dan mendapati Dia menolong anda. Ada energy dalam udara segar. Ketika keluar rumah pada pagi hari, tariklah nafas dalam-dalam beberapa kali.

14. Minum sekitar 6-8 gelas air setiap hari. Lakukanlah di antara jam makan. Catatlah jika perlu. Ini penting karena nikotin hanya keluar dari tubuh melalui cairan tubuh. Berikanlah air pada badan anda, dan kemudian racun-racun akan keluar lebih mudah, atau keluar lewat keringat. Minumlah segelas atau dua gelas pada waktu bangun pagi, antara jam makan pagi dan makan siang minum dua gelas, dan di sore hari dua gelas lagi.”dengan menambah cairan masuk ke dalam tubuh lebih banyak selama 24 jam pertama, anda mendapati mengalahkan kecanduan lebih cepat. Setelah 24 jam, anda dapat mengurangi air, namun makanlah buah-buahan segar dan jus buah lebih banyak.”—J. Wayne McFarland.

15. Janganlah minum minuman beralkohol—bir, anggur, dll. Anda telah memulai sebuah program baru menjadi boss terhadap tubuh anda sendiri. Menyerahkan penguasaan diri kepada alkohol adalah cara pasti untuk mengalahkan penguasaan diri anda. Anda sedang menjalani program yang akan menguatkan keputusan diri dan kuasa kehendak. Memanjakan dengan minuman beralkohol hanya akan menghancurkan semua yang hendak anda capai.

16. Makanlah semua jenis buah, biji-bijian, sayur-sayuran dan kacang-kacangan yang anda inginkan. Buah-buahan segar adalah yang terbaik karena memberikan vitamin-vitamin, mineral-mineral dan lebih banyak cairan yang amat diperlukan untuk mengeluarkan semua racun. Juga mengandung vitamin C yang bekerja dengan sel-sel darah putih untuk membersihkan bahan-bahan beracun di dalam tubuh anda.
Anda mungkin merasakan pertambahan berat badan pada masa ini. Namun menghilangkan nikotin adalah lebih penting daripada pertambahan sedikit berat badan! Juga, anda memasuki program yang sesungguhnya menguatkan kuasa kehendak anda. Anda akan mampu menggunakan pertolongan ini untuk mengatasi masalah makanan yang tampaknya tidak mungkin dilakukan sebelumnya.

17. Berjalanlah di luar selama 15-30 menit setelah makan, tarik nafas dalam-dalam sementara anda berjalan. Dan janganlah hanya duduk saja setelah makan, karena inilah saatnya anda ingin merokok. Sebagai gantinya, pergilah keluar.

18. Bukalah tirai dan jendela dan biarlah sinar matahari yang membersihkan dan udara segar masuk. Ada bau tembakau di sekeliling rumah anda. Bersihkanlah. Bersihkan nikotin dari rumah anda dan dari tubuh anda.

19. Hindarilah bumbu-bumbu tajam, kecap, cuka, saus pedas, cabe, dan merica. Makanan ini cenderung menyebabkan kecanduan, dan ini bukanlah yang anda inginkan. Jikalau anda hendak menghilangkan tembakau, alkohol dan makan terlalu banyak, maka anda harus menghindari makanan seperti ini. “Ketika makanan itu pedas, ketika dingin, jauhilah.”

20. Anda harus menjauhi semua makanan manis, roti panggang, es krim, dan coklat selama 10 hari pertama, anda akan mampu menghentikan secara lebih baik, dan akan terus menghentikan dengan berhasil. Hindari makanan penutup yang manis dan kaya (krim dst.). Perokok berat cenderung suka makanan berbumbu pedas, dan seringkali makanan daging, ditambah krim kentang, makanan gorengan, dan makanan kaya lemak lainnya. Makanan seperti itu menyulitkan untuk meninggalkan kebiasaan tembakau.

21. Jangan makan ikan, unggas, daging, minuman teh, kopi atau kola. Asam urat, ammonia, purin dan bahan buangan lainnya dari daging, memberikan rasa, mendorong syaraf anda dan meningkatkan ketagihan kepada nikotin dan alcohol. Kafein dalam teh dan kopi, dan minuman kola dapat memicu syaraf anda sehingga dalam hitungan menit anda tidak akan dapat mengontrol keinginan merokok. Makan daging sesekali saja sudah cukup untuk mendorong anda ketagihan merokok. Ketagihan ini berhubungan dengan bahan purin di dalam daging, dan ammonia dalam darah yang meningkat yang diserap dari protein dalam daging.

22. Gula putih atau gula pasir tidak mengandung zat-zat kalsium, fosfor, besi atau vitamin B1. Sesungguhnya gula mengambil beberapa vitamin dan mineral penting dari tubuh anda dalam proses oksidasi gula putih. Ini termasuk kalsium dan beberapa vitamin B kompleks yang sangat diperlukan untuk menguatkan dan menenangkan syaraf anda. Inilah sebabnya mengapa banyak gula dalam makanan menjadikan anda lebih gampang marah. Maka pada saat penting dalam kehidupan anda ini, anda bijaksana jikalau menghindari makanan penutup dan roti yang kaya gula. Perkecualian barangkali adalah penggunaan sedikit makanan manis antara jam makan untuk menjaga masalah gula darah menurun untuk dua minggu pertama (lihat no. 26 di bawah).

23. Vitamin dan mineral sangat membantu anda. Lihat bagian di bawah untuk memperoleh informasi tentang vitamin.

24. Makanlah makanan yang enak dan sehat ketika anda berhenti tembakau, terutama selama 10 hari pertama.

25. Janganlah berusaha menyelesaikan banyak masalah saat ini. Jadikanlah hidup anda senyaman mungkin, selalu berpikir positif.

26. Bersyukurlah atas berkat yang anda peroleh. Sebutlah satu persatu. Bersyukurlah pada Tuhan atas apa yang telah anda lakukan dan apa yang dilakukanNya kepada anda. Dan katakan kepada orang lain juga. Ketagihan dan keinginan akan menjadi ringan dengan bertemu orang-orang yang telah melaluinya.

27. Hindarilah segala jenis sedatif dan stimulant (bahan perangsang) saat ini. Dengan cara ini anda akan memperkuat dan membangun system syaraf anda semakin cepat. Inilah yang anda inginkan.

28. Sebagian orang membawa permen manis di kantongnya sebagai pengganti rokok. Jikalau menghadapi masa sulit, kunyahlah beberapa. Tembakau meningkatkan gula darah hingga 2% dalam 3 menit, dan diketahui bahwa ini adalah bagian dari kekuatan candunya. Sebagian orang membawa permen jeruk selama dua minggu pertama.

29. Jauhilah kumpulan minum alkohol! Selalu ada orang-orang yang berusaha menghentikan kebiasaan merokok yang kemudian berkunjung ke teman lama yang peminum. Satu gelas minuman diikuti segelas berikutnya, dan mereka heran kemudian bahwa mereka kembali merokok satu bungkus sebelum pertemuan selesai. Minuman keras mempengaruhi pikiran mereka, melemahkan kuasa kehendak—dan mereka merokok lagi!

30. Tablet khusus atau bantuan lain dalam menghentikan tembakau tersedia dan dapat menolong. Anda dapat memperolehnya di toko-toko obat. Sebagian orang dibantu, sebagian lain tidak.
Salah satunya adalah akar gentian. Ini adalah tumbuhan yang dapat dikunyah yang cenderung menghilangkan selera kepada tembakau. Bahan ini barangkali tersedia di toka-toko obat atau makanan sehat.
Chamomile adalah bahan yang dapat dikunyah di antara jam makan ketika ingin merokok.
Bahan lain adalah perak nitrat. Sebagian orang mencuci mulut mereka tiga atau empat kali sehari dengan larutan ringan perak nitrat (1:5000 atau 1:800), setelah makan lalu dibuang.

(Berikut ini informasi tentang senyawa perak nitrat ini: perak nitrat (USP) adalah racun yang berasal dari perak, biasanya digunakan sebagai pembunuh bakteri dan pembersih. Perak nitrat tidak cocok dengan aspirin, dan sodium klorida (garam meja). Karena bersifat beracun, larutan ini harus digunakan dalam kadar yang amat ringan. Gejalanya adalah rasa panas pada tenggorokan dan perut; mungkin muntah cepat. Digunakan dalam jangka panjang, dapat menyebabkan ‘argyria” yaitu kehilangan warna pada jaringan tubuh yang terkena. Perawatannya adalah dengan menggunakan banyak garam dilarutkan dalam air, yang menyebabkan perak menjadi larutan klorida; lanjutkan dengan putih telur, minyak dan bahan demulcent lainnya).

31. Jikalau anda menggunakan perak nitrat, cucilah mulut anda setelah makan dengan larutan perak nitrat ½% selama seminggu; kumur lalu buang. Jangan menelan larutan itu, karena sama beracunnya dengan tembakau. Tempatkan dalam botol berwarna. Selain itu ada bahan untuk menghentikan tembakau yang dijual di toko-toko obat. Namun tidak ada obat-obatan apapun yang menggantikan kuasa kehendak. Ketetapan hati untuk menghentikan kebiasaan itu, ditambah dengan pertolongan Tuhan untuk melakukannya, adalah obat terbaik.

32. Bagian terpenting dalam program ini adalah doa kepada Bapa Surgawi untuk menolong, dan percaya kepadaNya untuk melakukan apa yang tidak dapat anda lakukan sendiri. Jikalau anda belum pernah berdoa sebelumnya, inilah saatnya untuk belajar. Serahkanlah kehendak anda di sisi Tuhan, dan putuskanlah bahwa dengan pertolonganNya, anda akan berhasil. Anda tidak akan pernah gagal jikalau anda secara tulus berusaha melakukan terbaik dan percaya kepadaNya untuk menguatkan anda melaluinya.

33. Mandi keringat seminggu sekali akan membantu anda mengeluarkan nikotin dari sistem tubuh anda.

34. Sesering mungkin berada di udara terbuka.

35. Sibukkan pikiran. Jikalau tergoda, katakanlah, “Melalui Kuasa Kristus, saya memilih untuk tidak merokok.”

36. Wortel segar atau seledri pada penutupan makan akan mengurangi keinginan merokok. Makan buah anggur kering (kismis) dapat juga menolong. Anda mungkin ingin membawa sebungkus kismis di kantong anda.
37. Bacalah poin-poin ini berulang-ulang. Ketika mengalami saat-saat sulit, hirup nafas dalam-dalam, sampaikan doa ke Surga, dan pergilah berjalan ke luar, tarik nafas dalam-dalam sementara anda berjalan. Tetaplah mandi berkali-kali dan berhati-hatilah memilih makanan yang baik dan bergizi. Tetap katakan kepada diri sendiri, “Saya memilih untuk tidak merokok.” Kemudian minumlah air. Jikalau anda merasa akan kalah dan ingin merokok, teleponlah sahabat doa anda. Ia akan berdoa dengan anda di telepon, atau datang. Jangan minum kopi selama masa sedang mengalahkah kebiasaan tembakau! Keduanya berjalan bersamaan. Secangkir kopi memanggil sebatang rokok. Hindarilah keduanya.

38. Anda akan mengetahui bahwa setiap kali keinginan kuat merokok datang, keinginan ini akan melemah dalam beberapa menit kemudian. Berbagai saran dalam buku ini akan menguatkan anda mengatasi masa-masa kecanduan.

39. Banyak orang mengumumkan kepada keluarga dan sahabat sebelumnya tentang keinginan mereka berhenti. Atau mereka menunggu hingga Hari Berhenti tiba untuk menyampaikan rencana mereka. Anda bisa memulai dengan cara yang manapun—dan melakukannya dengan penuh semangat! Inilah saatnya! Berhenti selamanya! Dari saat itu selanjutnya, anda tidak berusaha menghentikan tembakau;--anda sekarang adalah seorang bukan perokok dan tidak ingin merokok. Jika orang bertanya, anda tidak mengatakan, “saya berusaha menghentikan tembakau,” melainkan, “Saya bukan perokok. Tidak terima kasih, saya bukan perokok.” Gunakan selera humor saudara. Ingatlah betapa bodohnya orang begitu bergantung kepada sebatang pipa ang diisi kertas tembakau. Tertawakanlah keadaan itu sendiri, dan diri sendiri.

40. Ketika sahabat anda mengatakan itu tidak bisa dilakukan, janganlah marah, tetapi dengan senang hati katakanlah agar mereka menunggu dan melihat. Yang aneh, segala ejekan dan tertawaan yang diarahkan kepada anda pada suatu titik tertentu adalah yang diperlukan untuk melalui masa itu dan berhasil. Mereka katakan anda tidak bisa (sesungguhnya karena mereka mengira mereka sendiri tidak mampu). Baiklah, anda akan melakukannya juga, bukan.
Ambillah inisiatif: Berbicaralah kepada teman-teman anda tentang anda berhenti merokok—dan katakan manfaat yang sudah anda alami. Doronglah mereka juga untuk menjauhi tanaman tak berguna itu.

41. Mungkin ada keadaan tak terelakkan; lingkungan perokok. Hindarilah sebisa mungkin pada minggu-minggu pertama, namun anda harus menghadapinya dan bertahan. Katakan kepada diri sendiri anda siap menghadapinya, dan hadapilah dengan sikap positif. Anda bukanlah kelinci pemalu, tembakau adalah masa lalu anda.

Ketika anda melihat orang lain menyalakan korek dan mulai merokok, dan asap mengepul, pikirkanlah beberapa fakta tentang tembakau: Betapa waktu dan uang yang dibuang sia-sia. Betapa tak berasa benda itu. Saya tahu! Asap yang berasal dari batang terbakar di mulut saya, dengan rasa pahit, keras dan panas. Penghitaman terus menerus pada paru-paru yang kemudian menjadi kanker.

Apakah anda dicobai dengan melihat orang lain merokok di dekat anda? Tidak sama sekali, karena anda terlalu sibuk dengan pikiran yang jauh berbeda: pikiran mengapa anda tetap diperbudak oleh kebiasaan itu cukup lama; pikiran betapa kasihan jiwa yang masih mengencangkan rantai pengikat itu. Pikiran ini tidak aneh, melainkan benar dan nyata. Karena kehidupan adalah nyata, demikian juga kematian.

Sebaliknya, dari hari pertama anda berhenti, anda telah menambah penderitaan, melainkan sejak awal anda telah memperoleh manfaatnya: perasaan lebih semangat, lebih waspada, tidur lebih nyaman, makanan terasa lebih enak. Dan anda tahu, dengan berlalunya waktu, manfaat ini akan semakin bertambah.

42. Setiap malam, sebelum tidur, berlututlah dan bersyukur kepada Tuhan karena pertolonganNya pada hari ini. Anda mengetahui benar bahwa tanpa kekuatanNya yang member kemampuan, anda tidak dapat melakukan apa yang diperlukan. Jadikanlah kebiasaan ini dalam bulan dan tahun ke depan. Biarlah Hari Berhenti menjadi tanda arah balik dalam kehidupan anda. Mulailah membaca Alkitab dan berdoa sepanjang hari. Carilah orang lain yang perlu dibantu, ada banyak orang di sekitar anda yang perlu kedamaian hati yang tidak mereka miliki.

Biarlah Dr. McFarland menutup dengan pernyataan: “Baru-baru ini seorang eksekutif bisnis yang adalah perokok berat mengumumkan, ‘Saya heran betapa banyak sisi menguntungkan yang terdapat pada rencana berhenti merokok.’ Ia membuat daftar jumlah manfaat yang dialami selama melakukan lebih banyak gerak badan, menghirup nafas dalam-dalam, dan kuasa kehendak yang lebih kuat untuk mengatur kebiasaan-kebiasaan pribadi. Baginya, rencana ini telah impas dalam kesehatan yang lebih baik. Ia menyimpulkan dengan berkata, ‘Dan semua manfaat ini diperoleh di dalam rangka menghentikan tembakau.’ “Kami percaya inilah yang seharusnya. Ketika berhenti merokok, anda tentulah bukan korban dari keputusan negatif yang membuat anda kehilangan kebiasaan yang disukai. Sebaliknya, dalam proses berhenti, anda dapat membuka pintu-pintu lain yang membawa kepada jalan-jalan baru kepada kehidupan yang sama sekali lebih baik.

“Sekarang kata-kata peringatan. Jikalau anda mengizinkan kuasa kehendak anda untuk menyeret kepada ketidak-aktifan perlahan-lahan, sehingga anda menjadi ceroboh dalam kebiasaan makan, minum, bekerja, dan tidur, penjagaan anda akan semakin menurun. Jangan lupa bahwa di bawah permukaan terdapat ketegangan syaraf otot, ketagihan psikologis, yang tanpa peringatan mendorong ketagihan kuat untuk merokok.

“Tetaplah siaga. Tugas anda sekarang adalah membuat kebiasaan tidak merokok sama tegasnya seperti anda membuat kebiasaan merokok.ingatlah, ini perlu waktu, tetapi anda bisa berhasil.”—J. Wayne McFarland, M.D., “How to Stop Smoking,” hlm.11.

Dan kita dapat menambahkan, kita dapat mengetahui anda berhasil, karena kali ini anda melakukannya bersama Tuhan. Masa depan selalu cerah… ketika Ia ada di pusat semuanya…dan adalah alasan untuk melakukannya.


Dan Selanjutnya

Berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan kemudian, pencobaan untuk merokok bisa datang pada saat yang paling tidak diduga. Barangkali anda dalam keadaan tegang, atau sama sekali santai. Namun anda harus sadar dan berkata kepada diri sendiri, “Tidak, saya memilih untuk tidak merokok.” Selalu katakan TIDAK ketika cobaan kuat tiba-tiba datang, maka cobaan itu akan segera pergi.

Ingatkanlah diri anda sendiri, jikalau anda merokok sekarang, anda tidak memperoleh manfaat, karena isapan pertama akan mengatakan kepada anda bahwa anda kembali dengan udara panas, pahit, dan beracun itu lagi.

“Tetapi,” kata seseorang, apa saya tidak bisa merokok secara aman?’ Tidak, tidak akan pernah aman. Tetaplah ingatkan diri sendiri: selalu ada kepuasan ketika bertahan; tetapi tidak ada kepuasan dengan merokok. Satu-satunya keamanan anda adalah menjauhinya selamanya.

Kita tidak suka membicarakan topik yang tidak menyenangkan ini: apakah yang harus anda lakukan jikalau ternyata anda kemudian merokok lagi?

Baiklah, apakah yang dilakukan seorang pilot ketika ia menjatuhkan pesawatnya? Ia segera bangkit dan menggunakan pesawat yang lain! Jikalau anda jatuh—dan ini amat disayangkan dan mungkin anda tidak terpikir untuk melakukannya, ingatlah kembali siaga, teruskan lawan pencobaan dan untuk selanjutnya menjauhlah dari tembakau. Anda telah berhasil melalui pencobaan pertama sebelumnya, maka, anda akan dapat berhasil lagi, dengan pertolongan Tuhan. Namun, janganlah membodohi diri sendiri: amat berbahaya bermain-main dengan pencobaan. Jauhilah hal-hal yang berbahaya. Anda tidak akan mau jatuh ke dalam lubang yang sama berkali-kali!

Jauhilah, dan inilah satu-satunya jalan untuk merasa bahagia dan tetap bahagia. Dan anda tahu ini adalah benar.


Vitamin-Vitamin Yang Mengurangi Ketagihan

Bagian ini adalah paling jarang anda temukan dalam nasehat tentang berhenti menggunakan tembakau. Berikut ini adalah informasi gizi yang dapat menolong anda melawan ketagihan nikotin.

Vitamin C Dan Tembakau

W.J. McCormick, M.D., dari Toronto, Canada, adalah salah satu dari mereka yang pertama-tama menemukan bahwa nikotin dan racun-racun lainnya dalam rokok dan bentuk-bentuk tembakau lainnya, ketika masuk ke dalam tubuh, secara cepat menghabiskan semua persediaan vitamin C.

Ini tentulah bukan kesimpulan yang sulit didapat. Selain itu, vitamin C secara khusus bekerja di dalam tubuh untuk menetralkan dan memusnahkan racun-racun. Merokok, pipa, dan bubuk memasukkan banyak racun ke dalam system, dan vitamin C segera habis untuk membersihkan racun tersebut.

Namun anehnya, telah ditemukan bahwa ketika jumlah vitamin C habis,—tubuh cenderung lebih ketagihan nikotin dalam tembakau lagi!

Artikel tulisan Dr. McCormick tentang penemuan baru ini diterbitkan di bulan April 1952 dalam majalah Archives of Pediatrics. Di sini, ia menggambarkan bagaimana ia menggunakan sejumlah besar vitamin C untuk membasahi jaringan tubuh dengan bahan pelindung ini, sehingga menolong untuk mengalahkan kebiasaan menggunakan tembakau.

Dalam tes klinis dan laboratorium, Dr. McCormick menemukan bahwa merokok sebatang rokok saja akan menetralkan sekitar 25 gram vitamin C di dalam tubuh. Ini sama dengan jumlah vitamin C dalam sebuah jeruk matang pohon. Banyak perokok merokok satu pak sehari. Batang rokok pertama setelah makan pagi akan menyerap seluruh vitamin C yang masuk lewat makan pagi tersebut, jika ada. Sejak itu,vtubuhnya akan berusaha berfungsi normal dengan suplai vitamin C yang sangat sedikit. Sepanjang hari, ia akan menggunakan semua persediaan vitamin C yang amat penting ini. Bahkan seorang bukan perokok berat sekalipun akan selalu kekurangan suplai vitamin C.

Seberapa pentingkah vitamin C ini? Vitamin C digunakan oleh tubuh, bukan hanya untuk melawan racun-racun dan bahan-bahan beracun, melainkan juga dalam kolagen, sebagai lem perekat untuk merekatkan seluruh bagian tubuh! Misalnya, apakah anda tahu bahwa sendi yang lepas berhubungan erat dengan kurangnya pembentukan kolagen di dalam tubuh? Dalam artikelnya, Dr. McCormick menganggap kekurangan vitamin C pada perokok adalah penyebab mengapa mereka, misalnya cenderung terkena pneumonia 4x lebih besar setelah operasi. Sehubungan dengan ini, ia menyebutkan dua orang dokter, yang memberikan sejumlah besar vitamin C sebelum dan setelah operasi—tidak lagi terjadi kasus pneumonia pasca-operasi.

Menurut Dr. McCormick, penggunaan tembakau bukan saja menyebabkan kurangnya vitamin C dalam aliran darah, melainkah juga menyimpan bahan-bahan beracun di dalamnya. Akibat penumpukan bahan beracun di dalam aliran darah inilah yang menyebabkan ketagihan kuat akan tembakau.

Ketika sejumlah besar dosis vitamin C diberikan, baik ditelan ataupun diinjeksi, bahan-bahan beracun dibersihkan dari system. Maka, dengan menelan sejumlah besar vitamin C, tubuh akan lebih cepat membersihkan nikotin dan racun-racun keras lainnya—dan orang yang ingin lepas dari tembakau dapat melakukannya secara lebih mudah dan cepat.


VITAMIN B KOMPLEKS DAN TEMBAKAU

Bahan-bahan beracun yang masuk ke dalam tubuh menyebabkan kerusakan besar dalam berbagai cara. Setiap orang tahu bahwa nikotin adalah racun. Racun-racun tertentu, yang mungkin ringan, ketika masuk ke dalam tubuh, merampok banyak vitamin. Misalnya, aspirin menghabiskan vitamin K, sehingga menyebabkan orang lebih mudah terkena pendarahan organ dalam. Baking soda adalah bahan tidak alami yang merampok vitamin B dalam tubuh dengan menjadikan keadaan terlalu asam di dalam saluran pencernaan.

Merokok bukan saja menyerap vitamin C dari dalam system, juga mengambil sejumlah vitamin B kompleks. Misalnya, salah satu dari vitamin yang diambil oleh produk tembakau adalah thiamin (B1). Vitamin B1 amat penting untuk menjaga kesehatan syaraf dan system pencernaan. Tanpa vitamin ini, tubuh anda tidak mampu mengolah karbohidrat (gula dan makanan tepung) secara baik. Thiamin juga disebut “vitamin moral” karena jika kekurangan vitamin B1 mengakibatkan depresi, mudah marah, kelelahan dan tidak mampu berkonsentrasi.—namun itulah masalah yang menekan mereka, yang digunakan oleh perokok sebagai alasan untuk merokok, yang kemudian menghabiskan lebih banyak ‘vitamin moral’ dari dalam tubuh mereka! Karena makanan diolah terlalu rumit dan mengandung banyak bahan kimia, sangat sulit memperoleh cukup vitamin B kompleks, tanpa gangguan merokok tambahan. Namun ketika nikotin ditambahkan, maka beban tubuh menjadi tak tertahankan lagi.

Maka jikalau anda ingin berhenti merasa mudah marah dsb—berhentilah menggunakan tembakau! (proses yang sama terjadi ketika anda menggunakan pil tidur. Zat barbiturate di dalamnya menghalangi peruses metabolism karbohidrat, merampok Vitamin B dan thiamin. Maka anda menjadi gelisah, yang menyebabkan anda mengambil lebih banyak pil tidur pada malam hari agar bisa tidur. Dan ini menyebabkan anda lebih gelisah lagi!)

Sehubungan dengan ini, perlu diketahui adalah salah satu jenis kebutaan disebabkan oleh merokok, dan oleh alkohol. Keadaan ini disebut amblyopia, gangguan penglihaan biasanya terjadi pada pria berusia antara 35-55.

“Hubungan antara kurang gizi dan amblyopia akibat tembakau telah diketahui lama; deWecker mengatakan bahwa ini terjadi banyak ketika pengepungan Paris ditahun 1870 dan meningkat 10 kali lipat ketika Belgia di bawah pendudukan Jerman antara tahun 1940-1945. Carroll telah melaporkan pemulihan sebagian atau penuh dari 25 pasien yang disebutnya “amblyopia tembakau-alkohol’ dengan memasukkan vitamin B kompleks atau vitamin B1 ke dalam makanan mereka.”—British Medical Journal, March 29, 1952.

Kemudian ada kanker. Tim-tim peneliti gizi sangat menyadari kenyataan bahwa dalam penelitian kanker, vitamin B terus menjadi yang terdepan. Menu makanan kaya vitamin B telah melindungi binatang percobaan dari kanker, bahkan ketika dipaparkan kepada bahan mematikan yang dikenal sebagai penyebab kanker. Sebaliknya binatang control, yang tidak dilindungi dengan vitamin B kompleks, menjadi terkena kanker. Sejumlah penelitian tentang fakta ini telah dilakukan selama bertahun-tahun di Sloan-Kettering Institute for Cancer Research, dan diterbitkan dalam Journal of Nutrition, July 10, 1951.

Anda bisa melihat bahwa tubuh yang telah dipenuhi nikotin amat kekurangan vitamin B pada hari anda mengumumkan kepada dunia bahwa anda berhenti merokok. Maka anda sebaiknya mulai makan cukup vitamin B kompleks setiap hari. Gunakan vitamin alami dari makanan sehat, ditambah sayuran segar, sayuran hijau dimasak, produk roti dari biji-bijian utuh. Barangkali anda perlu makan suplemen vitamin B kompleks, jika diperlukan.

Hentikanlah makan makanan yang dibuat dari tepung putih dan gula pasir. Bahan ini juga merampok vitamin B. Tidak perlu kue, roti putih, minuman ringan, permen karet, donat, atau makanan lain yang mengandung bahan tepung putih dan gula putih. Kesetiaan dalam melakukan ini akan memberikan dua manfaat besar bagi anda;

Anda akan lebih berhasil menghentikan penggunaan nikotin (dan kopi dan alkohol juga).
Anda akan lebih cepat membangun kembali tubuh anda dan menjaga kesehatan yang pernah anda miliki sebelumnya.
Berikut ini yang amat penting untuk diingat: bantuan makanan bergizi yang akan menolong anda berhenti merokok—adalah bahan-bahan bergizi yang akan membantu anda menjauhi rokok dan menjaga kesehatan secara lebih baik di tahun-tahun mendatang. Maka, janganlah hidup lebih sehat untuk 10 hari saja, melainkan lakukanlah untuk seluruh sisa hidup anda.

Disarikan dari: Vance Ferrell, 2003. You can Quit Tobacco., Bab 7. HARVESTIME BOOKS - ALTAMONT, TN 37305 - E-BOOK EDITION.

Sumber: Akhirzaman.org

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan menuliskan komentar Anda. Kami akan segera menanggapinya. Terimakasih, Tuhan memberkati.