googleb2757ebb443295f5 Masa Depan Cerah: Nus Reimas : Jadilah Gereja Ramah Lingkungan

Kamis, 17 Mei 2012

Nus Reimas : Jadilah Gereja Ramah Lingkungan

Ketua umum Persekutuan Gereja-gereja dan Lembaga-lembaga Injili Indonesia (PGLII) Pendeta Nus Reimas mengajak kepada seluruh gereja didunia terutama di Indonesia untuk sadar terhadap kelestarian lingkungan hidup. Hal ini diungkapkannya pada konperensi pers World Prayer Assembly 2012 di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor Jawa Barat, Rabu (16/5).

Nus menyoroti karakter sebagian besar jemaat gereja di Indonesia yang masih patrenalistik dengan terpaku pada Pendeta Jemaat. "Itulah budaya sebagian besar jemaat gereja kita yang masih terpaku dengan pendeta. Hal ini dapat menyebabkan jemaat tidak dapat berkembang untuk mengungkapkan kreatifitasnya. Di Indonesia, budaya antri masih susah diterapkan, berikut dengan perilaku membuang sampah sembarangan," katanya menjelaskan mengapa jemaat sulit untuk mengembangkan budaya cinta terhadap kelstarian lingkungan.

Untuk itulah Nus melihat bahwa peran seorang pendeta begitu besar untuk mengarahkan jemaatnya sadar lingkungan. "Pendeta tidak hanya khotbah di mimbar, namun harus dapat menggiring warga jemaat untuk peduli terhadap masalah sosial dan lingkungan hidup," ujarnya memberi stimulus kepada pendeta dan pemimpin gereja pada umumnya untuk menggerakan jemaat terhadap lingkungan sekitar.

Terakhir dirinya menghimbau agar gereja sepenuhnya mengerti mengenai konsep kebersamaan ini untuk menjadi gereja yang bukan saja sebagai rumah doa, melainkan sebagai gereja yang ramah lingkungan. menjadi contoh bagi sesama dan menjadi basis kegerakan iman yang cinta dan sadar terhadap lingkungan hidupnya.


Sumber: Jawaban.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan menuliskan komentar Anda. Kami akan segera menanggapinya. Terimakasih, Tuhan memberkati.