googleb2757ebb443295f5 Masa Depan Cerah: Kendala-Kendala Ketika Istri Jauh Lebih Tua Dari Suami

Senin, 23 Juli 2012

Kendala-Kendala Ketika Istri Jauh Lebih Tua Dari Suami

Hari-hari ini, pernikahan beda usia khususnya dimana usia istri jauh lebih tua dibandingkan suami bukanlah hal yang aneh lagi. Sepertinya orang-orang sudah tidak terlalu menghiraukan tentang hal tersebut. Bagi mereka, umur hanyalah sebatas angka saja, tidak lebih. Apakah ini benar ?

Jika ditilik lebih dalam, pemikiran hanya sebatas angka ternyata tidak 100 % betul. Mengapa? Karena disana ternyata terdapat sejumlah kendala yang cukup besar. Apa sajakah kendala- kendala yang dimaksud.

1. Perbedaan Cara Pandang

Cara pandang wanita yang 12 tahun lebih tua pada masa tertentu mungkin tidak terlalu membawa masalah. Pandangan terhadap karier, contohnya. Ketika si istri ber usia 40 tahun dan suaminya ber usia 28 tahun mungkin saja keduanya masih memiliki cara pandang yang kurang lebih sama karena keduanya masih aktif bekerja. Akan tetapi hal ini akan berubah begitu si istri memasuki usia setengah abad (50 tahun) sedangkan suaminya baru 38 tahun. Sangat mungkin si istri sudah tidak terlalu ambisius untuk mengejar karier sementara suaminya justru sedang penuh semangat mewujudkan impian masa mudanya.

2. Perbedaan Gaya Hidup

Sebagai seorang yang telah lebih dahulu menjalani kehidupan di dunia, seorang wanita yang sudah ber usia diatas 40 tahun biasanya akan berfokus kepada keluarga. Sebaliknya, pria yang ber usia 20-an atau bahkan 30-an awal walau pun telah memiliki istri dan anak-anak justru masih mengejar kehidupan bersosialisasi dengan rekan-rekan se usianya.

3. Pola Pengeluaran

Walau seorang istri yang usianya lebih tua masih akan tetap melakukan kegiatan belanja, tetapi biasanya ia akan lebih berbelanja yang berkaitan dengan rumah, anak-anak, atau bahkan kebutuhan suaminya. Sebaliknya, suami yang masih muda biasanya masih ingin memenuhi apa yang menjadi keperluan pribadinya.

4. Hasrat seksual

Selagi usia masih di kisaran 25-40 tahunan, sangat mungkin hubungan intim tak jadi masalah bagi pasangan istri yang usianya terpaut cukup jauh. Namun tak bisa dipungkiri ini akan jadi masalah ketika istri memasuki masa pramenopause-menopause, yakni di usia sekitar 50 tahunan. Bisa dimaklumi karena hasrat seksual suami masih menggebu-gebu sementara istri sudah mulai ogah-ogahan memberi respons seksual karena secara biologis hasrat seksualnya menurun drastis. Ketidakseimbangan ini tentu akan memengaruhi relasi suami istri.

Apa yang diungkapkan diatas adalah sedikit dari sejumlah kendala yang akan dihadapi oleh pasangan suami istri yang dimana usia istri jauh lebih tua dari suami. Namun begitu, hal ini bukan tanpa jalan keluar.

Memegang prinsip-prinsip rumah tangga yang ada di dalam Alkitab dan berkomitmen dengan janji pernikahan yang pernah diucapkan dihadapan Tuhan dan jemaat adalah cara terbaik untuk melewati setiap masalah tersebut. Sumber: Jawaban.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan menuliskan komentar Anda. Kami akan segera menanggapinya. Terimakasih, Tuhan memberkati.